Menteri ESDM Gandeng BNPT Amankan Kegiatan Energi

33900
Menteri ESDM Minta Arah Subsidi Energi di APBN Turun
Foto: liputan6.com

Menteri ESDM Gandeng BNPT Amankan Kegiatan Energi

 

indoPetroNews- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan pada Selasa (19/7/2017) menyaksikan penandatangan perjanjian kerja sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Manfaat dan tujuan dari penandatangan perjanjian kerjasama ini adalah untuk menanggulangi ancaman terorisme di sektor ESDM,” kata Jonan. Selain itu, juga untuk mengoptimalkan pengamanan pada kegiatan di sektor ESDM serta mengambil langkah-langkah pencegahan atas potensi ancaman terorisme.

Penandatangan perjanjian kerja sama meliputi bidang Ketenagalistrikan, Minyak dan Gas (migas), Mineral dan Batubara dan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) yang diwakili oleh masing-masing Dirjen

Sedangkan ruang lingkup kerjasama terdiri dari pelaksanaan pengamanan kegiatan usaha sektor ESDM, yaitu menyangkut; pertukaran dan penjaminan kerahasiaan data dan informasi; serta melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengamanan sektor ESDM.

Sementara ruang lingkup perjanjian kerja sama, yaitu bidang ketenagalistrikan meliputi, yang berkaitan dengan pelaksanaan pengamanan pada kegiatan usaha penyediaan tenaga listrik dari ancaman terorisme. Ruang lingkup perjanjian juga menyangku pertukaran dan penjaminan kerahasiaan seluruh data dan informasi. Disamping itu juga berkait dengan
monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengamanan pada kegiatan usaha penyediaan dan pemanfaatan tenaga listrik dari ancaman terorisme.

Sedang ruang lingkup perjanjian bidang migas meliputi, yaitu:
Pelaksanaan pengamanan pada kegiatan usaha hulu dan hilir minyak dan gas bumi dari ancaman terorisme; Pertukaran dan penjaminan kerahasiaan seluruh data dan informasi; Monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengamanan pada kegiatan usaha hulu dan hilir minyak dan gas bumi dari ancaman terorisme.

Untuk bidang Mineral dan Batubara, ruang lingkup perjanjian meliputi, yaitu: Pelaksanaan pengamanan pada kegiatan usaha Pertambangan Mineral dan Batubara dari ancaman terorisme. Pertukaran dan penjaminan kerahasiaan seluruh data dan informasi. Selain itu juga menyangkut masalah monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengamanan pada kegiatan usaha Pertambangan Mineral dan Batubara dari ancaman terorisme.

Untuk bidang Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, ruang lingkup perjanjian meliputi, yaitu: Pelaksanaan pengamanan pada kegiatan Subbidang bidang Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi; Pertukaran dan penjaminan kerahasiaan seluruh data dan informasi Subbidang bidang Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi; dan
Monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengamanan pada kegiatan Subbidang bidang Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi dari ancaman terorisme.

Perjanjian Kerja Sama ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan Nota Kesepahaman KESDM dengan BNPT pada 13 Maret 2017 dan berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani dan dapat diperbaharui. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*