Amankan Sektor Energi, Menteri Jonan Gandeng TNI

28800
Apresiasi Kinerja Produksi Migas Lapangan JangkrikDana Subsidi Energi ke Program Produktif
Foto: liputan6.com

Amankan Sektor Energi, Menteri Jonan Gandeng TNI

 

indoPetroNews- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pada Jumat (14/7/2017) di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI), Cilangkap, Jakarta, terkait bantuan TNI dalam rangka pengamanan, survei dan pemanfaatan bidang ESDM dan pengembangan sumber daya manusia.

Penandatanganan dihadiri oleh para pejabat tinggi di lingkungan Kementerian ESDM dan TNI serta direksi BUMN sektor ESDM.

Ruang lingkup MoU meliputi pengamanan fasilitas infrastruktur bidang ESDM di daerah perbatasan, terpencil dan pulau terluar atau daerah yang ditentukan kemudian. Selain itu, survei bidang ESDM, pemanfaatan sumber daya mineral strategis untuk mendukung alutsista TNI.

Selanjutnya, pengamanan kegiatan dan pemanfaatan energi baru terbarukan di daerah perbatasan, pulau terpencil dan pulau terluar atau daerah yang ditentukan kemudian. Terakhir, pengembangan sumber daya manusia.

MoU inI berlaku 5 tahun dan dievaluasi sekurang-kurangnya 1 kali dalam 1 tahun.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengucapkan terima kasih atas bantuan TNI untuk mengamankan obyek vital sektor ESDM serta kerja sama di bidang eksplorasi dan eksploitasi hulu migas serta instalasi penting lainnya seperti kelistrikan dan BBM.

“Sekarang (kerja sama) dalam tahap MoU, nanti diturunkan dalam perjanjian untuk pengamanan obyek vital dan juga kerja sama di bidang eksplorasi dan eksploitasi hulu migas, serta instalasi penting lainnya seperti instalasi kelistrikan, instalasi BBM,” papar Jonan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*