Akhir Juli Peraturan Perpajakan Gross Split Terbit

53100
Pengamat Sayangkan Sikap Wamen ESDM Tegur Panitia IPA Convex 2018
Foto : merdeka.com

Akhir Juli Peraturan Perpajakan Gross Split Terbit

 

indoPetroNews- Guna menciptakan iklim investasi dan menarik minat para investor hulu minyak dan gas bumi (migas), pemerintah akan segera menerbitkan peraturan perpajakan tentang Gross Split. “Akhir bulan ini bisa dikeluarkan. Kita sedang menyusun PP (Peraturan Pemerintah) baru tersebut,” Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, medio Juli 2017 di Jakarta.

Terbitnya PP Gross Split ditunggu oleh para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS). “Ini sedang ditunggu kontraktor yang berminat pada blok-blok yang kita tawarkan,” papar Arcandra.

PP ini, lanjut Arcandra, sangat krusial. “Akhir bulan ini bisa dikeluarkan. Kita bekerjasama dengan Depkeu dan semua pihak,” tandasnya.

Dia tidak menampik bahwa sebagian kalangan mempertanyakan, apakah sistem perpajakan Gross Split sama dengan PP 79/2010. Pihaknya, imbuh Wamen, telah mendengar sejak 2 – 3 minggu lalu, soal masukan sistem perpajakan Gross Split.

Sebagai catatan, banyak pihak menganggap PP 79/2010 menjadi biang kerok tidak menariknya investasi hulu migas. Karena itu, revisi PP 79  dilakukan. Adapun beberapa pokok perubahan dalam revisi peraturan tersebut antara lain. Pertama akan diberikan fasilitas perpajakan yang ditanggung pemerintah pada masa eksplorasi untuk PPN impor dan bea masuk serta PPN dalam negeri serta PBB.

Kedua akan diberikan fasilitas perpajakan pada masa eksploitasi yang mencakup PPN Impor dan bea masuk serta PPN dalam negeri serta PBB hanya dalam rangka pertimbangan keekonomian proyek.

Ketiga akan diberikan pembebasan pajak penghasilan (PPh), pemotongan atas pembebanan biaya operasi fasilitas bersama atau cost sharing oleh kontraktor dalam rangka pemanfaatan barang milik negara di bidang hulu migas dan alokasi biaya overhead di kantor pusat.

Keempat akan ada fasilitas-fasilitas nonfiskal yaitu berupa investment credit maupun depresiasi yang dipercepat dan DMO Holiday. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*