Qatar Butuh Suplai Gas Iran

39200
Qatar Butuh Suplai Gas Iran
Foto : alatberat.com

Qatar Butuh Suplai Gas Iran

 

indoPetroNews- Pemutusan hubungan diplomatik dan jalur transportasi antara Qatar dengan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain pada awal Juni 2017 telah memunculkan sejumlah kerisauan. Apa saja kekhawatirannya?

Diantaranya adalah kemungkinan Qatar dan Iran akan mangkir dari kuota yang telah ditentukan, serta terancamnya jalur distribusi energi vital di kawasan Timur Tengah. Disamping itu akan menguatkan hubungan Qatar dan Iran dalam mensupport pasokan gas ke Qatar.

Pada Selasa (4/7/2017, Qatar telah mengumumkan menggenjot kapasitas produksi LNG (Liquefied Natural Gas) sebesar 30 persen. Langkah tersebut memperparah melimpahnya surplus LNG dunia. Hal serupa bisa terjadi juga di pasar minyak. Di pihak lain, Arab Saudi dan sekutu dikhawatirkan akan mengultimatum partner dagangnya untuk bekerjasama dengan mereka saja.

“Qatar membutuhkan dukungan Iran sekarang, lebih dari sebelumnya. Saya tak percaya Qatar akan bisa meningkatkan produksi tanpa kerjasama Iran, jika dalam jangka panjang situasi tetap sama seperti sekarang. (Juga) perusahaan-perusahaan (minyak) mayor bisa diminta untuk memilih antara bekerja di Qatar atau Saudi/UEA/Mesir, atau akan ada sanksi atas mereka,” kata Reza Mostafavi Tabatabaei, Presiden ENEXD, sebuah perusahaan perangkat migas yang berpusat di London.

Sebagai catatan, ketegangan di Timur Tengah saat ini masih menjadi sorotan pasar, sembari menunggu jadwal rilis laporan stok minyak mentah AS mingguan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*