Menteri Jonan Tawarkan 15 WK Migas Baru

31800
KESDM Bakal Lelang 2 Blok Migas
Foto : sindonews.com

Menteri Jonan Tawarkan 15 WK Migas Baru

 

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), menyelenggarakan acara Breakfast Meeting dengan para investor  minyak dan gas bumi (Migas). Breakfast meeting kali ini sangat khusus. Pasalnya, baru kali pertama Menteri ESDM langsung menemui para investor untuk promosi penawaran lelang Wilayah Kerja (WK) Migas yang baru. Breakfast Meeting ini diselenggarakan pada
Jumat, (7/7/2017) di ruang Sarulla, Gedung KESDM, Jakarta.

Menurut Jonan, pihaknya telah dan akan terus mengawal serta memastikan agar perizinan dan birokrasi di pengusahaan hulu migas semakin sederhana, cepat dan efisien. “Kita telah terbit Permen ESDM No.29/2017 yang menyederhanakan izin migas menjadi hanya tinggal enam perizinan,” kata Jonan.

Dia menegaskan bahwa proses pengawalan perizinan dan birokrasi juga dilakukan antar kementerian terkait seperti misalnya izin oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dia juga mengungkapkan untuk meningkatkan koordinasi tersebut, pihaknya telah mendelegasikan Wamen ESDM melakukan FGD dengan para pejabat KLHK tentang nature industri migas pada 2 minggu lalu sebelum hari Raya Iedul Fitri. Sekaligus juga meninjau langsung proyek migas di Pekan Baru terkait AMDAL (Bioremediasi).

Menurut Jonan, WK Migas yang dipromosikan adalah WK yang ditawarkan pada IPA bulan Mei 2017 lalu.  “Sebanyak 15 WK migas, terdiri dari 10 WK konvensional dan 5 KW non-konvensional,” kata Jonan.

Seluruh penawaran WK tersebut menggunakan PSC skema gross split Sebagian besar bid document WK migas yang ditawarkan telah diakses perusahaan yang berminat.

Lelang WK ini masih dibuka dan batas akhir pemasukan dokumen penawaran adalah sampai dengan  17 Juli 2017 untuk WK konvensional (direct offer). Pada 25 Juli 2017 untuk WK konvenional (reguler tender). Sedang pada 12 Juli 2017 untuk WK non-konvensional (direct offer). Pada 25 September 2017 untuk WK non-konvensional (reguler tender).

Jonan menambahkan, pada 2018 lelang WK Migas akan semakin dipermudah proses lelangnya, saat ini sudah menggunakan modul e-lelang sistem online dan akan terus ditingkatkan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*