Minyak Libya Nyaris Tembus 1 Juta Barel

42200
Cadangan Minyak Irak Diprediksi Lebih Besar dari Saudi
Foto : boombastis.com

Minyak Libya Nyaris Tembus 1 Juta Barel

 

indoPetroNews- Produksi minyak negara Libya saat ini berada dikisaran antara 950.000 hingga mendekati satu juta barel per hari. Jumlah ini menjadi yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Angka produksi tersebut  mengemuka di tengah konflik berkepanjangan di Libya, sejak revolusi meletus pada Februari 2011 dan akhirnya menumbangkan rezim Muammar Qaddafi. Situasi politik dan keamanan terus memburuk dan sekarang pemerintah Libya terbelah jadi dua, yaitu: dukungan Perserikatan bangsa-Bangsa (PBB) di Ibu Kota Tripoli dan pemerintahan milisi di Tobruk, timur Libya.

Seorang sumber dalam industri minyak Libya mengungkapkan produksi minyak hampir satu juta barel per hari tersebut melampaui target ditetapkan the National Oil Corporation (NOC) pada bulan lalu.

Dia menambahkan fluktuasi produksi minyak Libya disebabkan persoalan teknis dan pembangkit listrik. Tapi dia meyakini negara Afrika Utara ini bisa menghasilkan minyak lebih dari satu juta barel tiap hari dalam waktu segera.

Sebagai catatan, Libya merupakan anggota OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak) dikecualikan dalam kesepakatan pembatasan produksi minyak, dicapai antara OPEC dan produsen non-OPEC. Perjanjian ini mulanya berlaku enam bulan selama Januari-Juni, tapi lalu diperpanjang hingga Maret 2018.

Libya memproduksi lebih dari 1,6 juta barel minyak sehari sebelum pecah pemberontakan. Rata-rata produksi tidak sampai tembus satu juta barel per hari sejak Juli 2013. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*