Aksi Demo AMT Elnusa dan Pertamina Patra Niaga di Kemenakertrans

44000
Aksi Demo AMT Elnusa dan Pertamina Patra Niaga di Kemenakertrans
istimewa

Aksi Demo AMT Elnusa dan Pertamina Patra Niaga di Kemenakertrans

 

indoPetroNews- Awak Mobil Tangki (AMT) yang tergabung dalam Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI) di lingkungan PT Elnusa Tbk dan PT Pertamina Patra Niaga, keduanya adalah anak usaha PT Pertamina (Persero) melakukan aksi demonstrasi pada Selasa (4/7/2017) di depan kantor Menakertrans, Jakarta. Apa tuntutan mereka?

Menurut Wadi, pengurus FBTPI Pertamina Patra Niaga Plumpang,  Pertamina Patra Niaga dan Elnusa Petrofin bersikukuh  tidak mematuhi hukum ketenagakerjaan dengan melanggengkan praktik outsourcing/kontrak untuk Awak Mobil Tangki (AMT).

“Kedua perusahaan distributor migas itu malah mem-PHK 414 buruh, sebagian besar anggota serikat, untuk melemahkan protes terhadap sistem kerja kontrak,” kata Wadi. Praktik ini, lanjutnya, membuat buruh bekerja lebih 12 jam tanpa jaminan kesehatan dan kepastian kerja dalam kondisi kerja berbahaya. “Anak-anak perusahaan Pertamina itu bahkan bersikukuh meski AMT melakukan pemogokan di berbagai depo,” tandasnya.

Oleh sebab itu, ungkap Wadi, pihak buruh AMT mendesak Kementerian Tenaga Kerja untuk tegas bertindak dengan memberi sanksi pada dua perusahaan milik negara tersebut.

Disamping itu, mereka juga menuntut Kemenakertrans dan Kementerian BUMN untuk mengangkat seluruh crew awak mobil tangki menjadi karyawan tetap Pertamina Patra Niaga dan PT Elnusa Petrofin. Tuntutan lainnya adalah memberlakukan sistem upah lembur untuk seluruh crew awak tangki dan membayar upah lembur serta membayar rapelan upah lembur sejak 2011 hingga 2017. Selanjutnya juga mempekerjakan kembali seluruh crew awak mobil tangki yang telah di PHK sepihak.

Aksi demonstrasi ini diikuti oleh ratusan buruh dari 10 depo. Mereka menuntut pihak Kemenaker agar menegakkan hukum ketenagakerjaan di Pertamina Patra Niaga dan PT.Elnusa Petrofin.

Peserta demonstrasi berasal dari berbagai daerah. Sebut saja misalnya dari Banyuwangi, Surabaya, Tegal, Ujung Berung, Padalarang, Plumpang, Lampung, Makasar, Merak, dan Tasikmalaya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*