Wamen ESDM Sinyalir Banyak Daerah Tidak Nikmati Hasil PI 10%

0
202
Wamen ESDM Sinyalir Banyak Daerah Tidak Nikmati Hasil PI 10%
Foto: jitunews.com

Wamen ESDM Sinyalir Banyak Daerah Tidak Nikmati Hasil PI 10%

 

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengimplementasikan Participating Interest (PI) 10% guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Pemda harus lebih proaktif mengurus PI serta mendukung kontraktor melaksanakan kegiatan operasinya agar daerah dapat segera mendapatkan bagi hasil keuntungan,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dalam acara Sosialisasi Implementasi Participating Interest 10 (PI 10%) untuk Wilayah Barat Indonesia pada Rabu (15/6/2017) di Pekanbaru.

Dia mengatakan, PI 10% adalah besaran maksimal 10% PI pada kontrak kerja sama yang wajib ditawarkan oleh kontraktor kontrak kerja sama (Kontraktor KKS) kepada BUMD atau BUMN. Aturan ini bertujuan agar daerah dapat menikmati hasil kekayaan migasnya, untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Arcandra menjelaskan, aturan mengenai PI 10% ini sudah ada sejak 2004, tercantum dalam PP No 35 Tahun 2004. Namun dalam pelaksanaannya, ternyata daerah tidak banyak menikmati hasilnya karena PI tersebut sebagian besar dikuasai oleh swasta, bukan BUMD.

“PI bukan dikuasai BUMD tapi swasta. Akibatnya, BUMD merasa blok migas ini berada di daerahnya tapi tidak bisa dinikmati (hasilnya) secara maksimal. Akhirnya, Pak Menteri ESDM dan saya mencari jalan keluar dan terbitlah Permen Nomor 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest 10% pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi ,” katanya.

Melalui PI 10% diharapkan peran serta daerah dan nasional dalam pengelolaan migas dapat ditingkatkan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*