BPDP-KS Support 1,2Juta Kilo Liter Program B20

0
153
BPDP-KS Support 1,2Juta Kilo Liter Program B20
Foto : pioneerpress.com

BPDP-KS Support 1,2Juta Kilo Liter Program B20

 

indoPetroNews- Program Biodiesel 20% (B20) hingga Mei 2017, dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan dukungan Dana Sawit telah menyerap 1,2 juta kilo liter (kl) biodiesel sawit. Demikian salah satu poin sambutan Direktur Utama (Dirut) Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Dono Boestami pada acara buka puasa bersama,  Senin petang  (12/6/2017) di Jakarta.

“Kita berharap perolehan dana sawit akan lebih besar setelah skema kebijakan investasi dan standard operating procedure terhadap ekspor sawit disiapkan,” kata Dono Boestami.

Dia mengatakan, pihaknya mencatat ekspor CPO dan turunannya hingga Mei 2017 mencapai 15,3 juta ton dengan didominasi dari produk hilir.

“Ekspor hingga Mei 2017 sudah mencapai 15,3 juta ton di mana hampir 90 persen berasal dari produk hilir. Nilai tambah produk bisa kita terus optimalkan ke depannya,” papar Dono.

Dono mengatakan dari ekspor tersebut, pendapatan hingga Mei 2017 mencapai Rp5,7 triliun dengan rincian Rp5,5 triliun pendapatan tersebut berasal dari pungutan ekspor sawit.

Ada pun kebijakan yang disiapkan, yakni skema investasi dana mengendap (idle) hasil pungutan ekspor CPO di mana saat ini dana-dana tersebut diinvestasikan dalam bentuk deposito.

“Ke depan kami harapkan bisa terus berkembang dengan keluarnya surat izin dari Menteri Keuangan untuk pengelolaan dananya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita sudah menyiapkan ‘investment policy‘ dan SOP sehingga memberikan nilai tambah atau memperbesar dana yang diperoleh BPDP Kelapa Sawit,” kata Dono. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*