Skema Gross Split Pengaruhi Bisnis PLB

31700
Skema Gross Split Pengaruhi Bisnis PLB
istimewa

Skema Gross Split Pengaruhi Bisnis PLB

 

indoPetroNews- Keberadaan Pusat  Logistik Berikat (PLB) dapat menekan cost recovery di bisnis  industri hulu minyak dan gas bumi (migas). Namun dengan diterapkannya skema Gross Split menggantikan skema PSC Cost Recovery tentu akan berdampak pada PLB. Bagaimana efeknya pada bisnis PLB?

“PLB menekan biaya cost recovery karena memberikan banyak kemudahan bagi pelaku bisnis sektor hulu migas,” kata Chief Commercial Officer PT Cipta Krida Bahari (CKB), Erwin Sugianto kepada wartawan, Kamis (8/6/2017) di Jakarta. Walaupun demikian, perubahan sistem bisnis hulu migas akan berdampak pada PLB.

“Skema Gross Split mungkin akan membawa dampak pada bisnis PLB. Mungkin ada efeknya, baik positif dan negatif,” katanya. Tetapi semua harus dihadapi secara bijak.

Seperti diketahui, PT CKB saat ini mengoperasikan PLB di Kabupaten Sorong, Papua Barat. Pembukaan PLB pertama di kawasan timur Indonesia.

PLB Sorong, dengan nilai investasi Rp 2 miliar, telah beroperasi sejak 29 Mei 2017 dan berada di Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Untuk mendukung kegiatan operasinya, PLB Sorong dilengkapi dengan fasilitas gudang tertutup seluas 1.200 m² dan lapangan penyimpanan terbuka (open yard) seluas lebih dari 2.500 m². PLB Sorong juga didukung dengan infrastruktur dan akses yang baik menuju Bandara dan Pelabuhan Sorong dengan jarak tempuh sekitar 30 Km. Kegiatan operasi PLB Sorong juga telah mendapatkan izin operasi dari Dirjen Bea dan Cukai (DJBC).

Saat ini, terdapat beberapa proyek strategis hulu migas dan beberapa perusahaan migas (Kontraktor KKS) yang berada dalam tahap produksi dan eksplorasi di Papua.

Selain menyediakan fasilitas PLB, CKB Logistics juga akan membangun fasilitas layanan pangkalan logistik darat dan lepas pantai (onshore & offshore shorebase/supply base), yaitu di Tangguh, Lamongan dan Natuna, guna menunjang kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, pertambangan, serta kegiatan lainnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*