Pertamina-PGN Bangun Pipa Transmisi Gas Duri-Dumai

70900
Holding Migas Resmi Berdiri
Foto : sindonews.com

Pertamina-PGN Bangun Pipa Transmisi Gas Duri-Dumai

 

indoPetroNews- PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.(PGN) melakukan MoU terkait pembangunan dan pengoperasian bersama pipa transmisi gas Duri-Dumai. Kerjasama ini merupakan langkah sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam membangun infrastruktur gas bumi yang dibutuhkan di Provinsi Riau.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Direktur Gas dan Energi Baru Terbarukan (EBT) Pertamina, Yenni Andayani dan Direktur Utama (Dirut) PGN, Jobi Triananda Hasjim, pada Jumat (9/6/2017) di Kementerian BUMN, Jakarta. Penandatanganan ini turut disaksikan oleh Deputi BUMN bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat.

“Kerjasama ini menjadi tonggak penting bagi sinergi BUMN dalam membangun infrastruktur gas bumi nasional,” kata Yenni. Pertamina telah menjadi salah satu pemasok utama gas bumi bagi PGN, dan keduanya sukses bersinergi membentuk PT Nusantara Regas untuk mengelola FSRU Jawa Barat di Teluk Jakarta.

Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut penugasan dari Kementerian ESDM sebagaimana tertuang dalam Kepmen No 5975 K/12/MEM/2016.

Sementara Dirut PGN, Jobi Triananda Hasjim mengatakan pemerintah mentargetkan pembangunan infrastruktur gas bumi senilai 32 miliar USD di berbagai daerah. “Sinergi yang ditandatangani ini menjadi salah satu bentuk konkrit dukungan Pertamina dan PGN untuk mencapai target tersebut,” kata Jobi. Pihaknya, lanjut Jobi, yakin pembangunan pipa transmisi gas bumi dari Duri ke Dumai akan memberikan banyak manfaat, khususnya bagi masyarakat.

“Mulai dari peningkatan ketahanan energi daerah, menciptakan multiplier effect seperti penciptaan lapangan kerja hingga peningkatan daya saing industri di Kota Duma,” ungkap Jobi.

Komposisi partisipasi masing-masing pihak dalam proyek tersebut adalah sebesar 60% Pertamina dan 40% PGN. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*