KESDM Lakukan Market Review Calon Pembeli Gas Masela

64000
Ada 16 WK Gunakan Skema Gross Split
Foto : sindonews.com

KESDM Lakukan Market Review Calon Pembeli Gas Masela

 

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan market review selama 3 bulan untuk mencari pembeli gas pipa dari Blok Masela. Hal ini dilakukan untuk menentukan Pre-FEED (Preliminary Front End Engineering Design) atau desain awal pengembangan proyek yang dikelola Inpex.

“Terdapat dua skenario untuk menentukan pre-FEED yaitu pertama, 7,5 metrik ton per annum (MTPA) LNG ditambah dengan 474 MMSCFD gas pipa dan kedua, LNG sebesar 9,5 MTPA dengan gas pipa sebesar 150 MMSCFD,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Kementerian ESDM, Kamis (8/6/2017) di Jakarta. Dalam perkembangannya, pre-FEED hanya akan dilakukan dengan satu skenario untuk tiga lokasi.

Untuk menentukan alokasinya ini, kata Arcandra, pemerintah akan mencari pembeli dengan menawarkan skenario pertama terlebih dahulu. Market review dilakukan dalam 3 bulan dan akan diikat dalam bentuk kontrak.

“Semula kita (siapkan) dua skenario dalam produksi yaitu 7,5 MTPA ditambah 474 MMSCFD. Skenario kedua adalah 9,5 MTPA dan tambah150 MMSCFD. Kita akan lakukan satu pre-FEED, yang kita pilih adalah yang setelah 3 bulan kita melakukan market review siapa yang mengambil gas 474 MMSCFD,” kata Arcandra.

Wamen menginginkan pembeli gas pipa ini tidak terbatas pada Head of Agreement (HoA) saja, tetapi terikat dalam bentuk kontrak. Apabila dalam waktu tiga bulan ini tidak berhasil diperoleh pembeli gas sebanyak 474 MMSCFD, maka pemerintah akan kembali kepada opsi dimana gas pipa untuk industri dalam negeri yang sebesar 150 MMSCFD. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*