Delapan Blok Migas Diserahkan ke Pertamina

72100
Masyarakat Sipil Desak Penanganan Pengeboran Ilegal Sumur Tua Dilakukan Komprehensif
Foto: istimewa

Delapan Blok Migas Diserahkan ke Pertamina

 

indoPetroNews- Sebanyak 8 Blok Minyak dan Gas Bumi (migas) yang terminasi diserahkan pengelolaannya kepada PT Pertamina (Persero). Blok migas apa saja?

Pemerintah telah memberikan 8 blok migas terminasi kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini, namun masih menunggu hasil kajian keekonomian yang dilakukan perusahaan pelat merah itu hingga akhir bulan ini.

Delapan blok terminasi yang diserahkan ke Pertamina adalah Blok Attaka, Blok South East Sumatera, Blok East Kalimantan, Blok Tengah, Blok North Sumatera Offshore, Blok Ogan Komering, Blok Sanga-Sanga dan Blok Tuban.

Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Pertamina minta tambahan waktu sebulan untuk melakukan kajian keekonomian secara detail.

“Perhitungan keekonomian dilakukan untuk menimbang bagi hasil yang akan didapat Pertamina, mengingat delapan blok migas ini akan dikelola dengan kontrak bagi hasil produksi (Production Sharing Contract/PSC) Gross Split,” kata Wiratmajapuja kepada wartawan, Rabu (7/6/2017) di Jakarta.

Jika memang Pertamina tidak sanggup mengelola, lanjut Wiratmajapuja, maka ada peluang untuk mengembalikannya ke pemerintah. Selanjutnya, pemerintah akan melelang ulang blok-blok itu.

“Opsi-opsinya kan bisa lelang ulang, keekonomiannya dibedakan dan sebagainya. Jadi semua opsi masih dibuka. Kita tunggu dululah sampai akhir bulan ini,” kata  Wiratmajapuja. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*