KESDM Luncurkan AMORA

55800
BPK Beri Predikat KESDM WTP
Foto : katadata.co.id

KESDM Luncurkan AMORA

 

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) meluncurkan aplikasi berbasis web yaitu ESDM One Map Indonesia dan Aplikasi Monitoring Realisasi Anggaran (AMORA) pada Rabu (31/5/2017) di Jakarta. Menteri ESDM Ignasius Jonan menegaskan bahwa aplikasi ini merupakah path atau langkah menuju pelayanan masyarakat yang lebih baik.

“Bapak Presiden selalu mengingatkan bahwa pelaksanaan anggaran menggunakan uang rakyat dan harus bisa digunakan manfaatnya untuk rakyat,” katanya.

Aplikasi ESDM One Map Indonesia juga membuat sistem Pemerintahan menjadi lebih baik karena adanya keterbukaan. Menteri Jonan mencontohkan data seismik di luar negeri yang terbuka atau dapat diakses oleh umum. Sedangkan di Indonesia, data tersebut tidak terbuka, bahkan kadang disembunyikan. “Ini harus ada keterbukaan. Jamannya sudah berbeda,” tambahnya.

Jonan juga meminta agar aplikasi ini membuat pelayanan lebih cepat, terutama di Ditjen Migas, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Ditjen Minerba karena hingga saat ini dirinya masih sering mendengar keluhan di unit-unit tersebut pelayanannya kurang cepat.

“Kalau pengertian saya, kalau kurang cepat itu berarti sistem tata kerjanya kurang efektif. Khususnya SKK Migas karena merupakan satker khusus yang bekerja sama dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS), harus bisa bekerja dengan cepat,” tandasnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*