Wacana Pembubaran BPH Migas Masih Lama Sekali

56700
Pantaskah BPH Migas Dibubarkan?
Foto : winNetNews.com

Wacana Pembubaran BPH Migas Masih Lama Sekali

 

indoPetroNews- Peran dan fungsi Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) ke depan masih sangat relevan dibutuhkan. Walaupun saat ini ada wacana pembubaran lembaga ini. Apa indikasi kuat bahwa lembaga pengatur hilir migas ini masih dibutuhkan bangsa ini?

Menurut Fanshurullah Asa, M.T, Ketua merangkap anggota komite BPH Migas, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, akan berkunjung ke kantor BPH Migas.

“Menteri ESDM, Jumat besok (2/6/2017) akan berkunjung ke BPH Migas, yang akan didampingi Wamen dan Dirjen Migas. Padahal kita yang sedianya akan menghadap Menteri,” kata Fanshurullah Asa pada Rabu (31/5/2017) di Jakarta. Namun Menteri ESDM ngotot yang akan datang ke kantor BPH Migas.

“Ini saya melihat pesan kuat dari Menteri ESDM bahwa betapa pentingnya BPH Migas direvitalisasi ke depan,” tegas Fanshurullah.

Lebih jauh dia mengungkapkan bahwa dirinya mendengar soal rencana pembubaran BPH Migas yang diekspos media massa seiring proses revisi Undang-undang (UU) Migas No 22 Tahun 2001.

“Draf UU Migas sudah lama sekali sebelum Pak Andy Someng menjadi Kepala BPH Migas wacana pembubaran BPH Migas sudah ada tapi gak jadi-jadi,” tandasnya. Namun pada akhir April 2017 rumusan revisi UU Migas dari Komisi VII DPR akan dibawa ke Badan Legislatif (Baleg). Proses pembahasan ini masih panjang.

Dia melanjutkan, di Baleg pun nanti ada dua opsi, yaitu revisi bisa diteruskan atau dikembalikan ke Komisi VII DPR untuk dibahas dan disempurnakan. Kemudian revisi UU Migas tersebut dinaikkan ke Panitia Kerja (Panja), lalu ke Badan Musyawarah (Bamus), kemudian dibawa rapat Paripurna sebagai rancangan UU Migas versi DPR.

Selanjutnya, kata Fanshurullah, disampaikan ke Presiden. “Presiden akan menugaskan beberapa pihak yang akan terlibat dalam harmonisasi pembahasan usulan UU Migas dengan DPR,” katanya. Jadi, bila melihat tahapan-tahapan proses revisi UU Migas ke depan, maka wacana pembubaran BPH Migas masih lama sekali. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*