Perusahaan Energi UEA Bakal Bangun PLTS di Jabar

74100
PLTS Terbesar se Jagat Dibangun Saudi
Foto : ketemulagi.com

Perusahaan Energi UEA Bakal Bangun PLTS di Jabar

 

indoPetroNews- Proyek Energi Baru Terbarukan (EBT) menarik minat kalangan investor asing seiring dengan meredupnya masa keemasan energi berbasis fosil. Salah satu perusahaan asing tersebut adalah Masdar. Masdar adalah perusahaan pengembang energi terbarukan asal Uni Emirat Arab (UEA).

Perusahaan ini berminat untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung di Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat. Masdar akan bekerja sama dengan anak usaha PLN dalam proyek ini, yaitu PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB).

“Masdar kerja sama dengan PJB untuk membangun floating PV, jadi PLTS terapung, di Cirata. Kita gunakan danau untuk membangun itu,” kata Direktur Perencanaan PLN, Nicke Widyawati, Selasa (23/5/2017) Jakarta.

Saat ini PJB dan Masdar masih melakukan feasibility studies (FS) untuk mengkaji kapasitas PLTS yang akan dibangun, biaya investasi yang dibutuhkan, biaya produksi listriknya, teknologi yang cocok, dan sebagainya.

Nicke menjelaskan, PLTS dibuat terapung di atas waduk agar biaya investasinya murah. Sebab, tak perlu pembebasan tanah.

“Ini baru dilakukan FS, sekarang lagi membuat kajian bersama. Lokasinya kita arahkan ke sana agar tidak ada capex (belanja modal) yang besar untuk lahan,” katanya.

PLTS dibangun di Jawa, bukan di Indonesia Timur, karena Masdar ingin membuat pembangkit berkapasitas besar. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*