Bahas Penundaan Output, OPEC Selenggarakan Rapat

OPEC Bakal Bersidang Akhir November
Foto : wtj.com

Bahas Penundaan Output, OPEC Selenggarakan Rapat

 

indoPetroNews- The Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) akan kembali melaksanakan pertemuan rapat. Kapan pertemuannya?

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk membahas tentang kesepakatan pemangkasan output antara OPEC dan beberapa produsen minyak lain termasuk Rusia. Seperti diketahui, semula diputuskan bahwa masa berlakunya kesepakatan pemangkasan sampai pertengahan tahun 2017 ini. Namun kesepakatan pemangkasan ditunda.

Oleh karena itu, OPEC akan menyelenggarakan rapat lagi pada 25 Mei mendatang. Agenda diskusi yang disepakati adalah membahas perpanjangannya masa pemangkasan/out put.

Sebagai catatan, pada minggu lalu, pemimpin de-facto OPEC, Arab Saudi, dan produsen minyak terbesar dunia, Rusia, telah bersepakat akan memperjuangkan perpanjangan kesepakatan itu hingga Maret 2018.

Lebih dari itu, telah mengemuka pula opsi untuk memperbesar pemangkasan output dari total awal yang kurang dari 1.8 juta barel per hari (bph).

“Potensi ditingkatkannya pemangkasan masih terbatas karena para pejabat kemungkinan akan memantau dampak perpanjangan kesepakatan sebelum mengambil langkah (meningkatkan jumlah pemangkasan) demikian,” kata James Woods, Analis Investasi di Rivkin Securities Australia.

Akan tetapi, Woods setuju bahwa peningkatan jumlah pemangkasan diperlukan untuk membendung limpahan surplus. Pasalnya, output Amerika Serikat terus meroket, mementahkan upaya OPEC untuk menyeimbangkan pasar. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*