Pemerintah Komitmen Percepat Perizinan Hulu Migas

64100
Menteri Jonan Teken Permen Pengusahaan  Hilir Migas
Foto: liputan6.com

Pemerintah Komitmen Percepat Perizinan Hulu Migas

 

indoPetroNews- Menjadi rahasia umum bahwa proses perizinan dalam industri hulu minyak dan gas bumi (migas) sangat panjang proses birokrasinya. Karena itu tidak heran bila Menteri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan merasa heran.

“Pasti ada yang salah salah jika proses bisnis berjalan tahunan,” kata Jonan, Jumat (19/5/2017) di Jakarta. Oleh sebab itu, pemerintah berkomitmen untuk mempercepat proses perizinan kegiatan industri hulu migas nasional.

Dia menyatakan, sebagai industri yang mengelola komoditas yang harganya sulit diprediksi, kecepatan proses bisnis menjadi sangat penting.

“Kalau proses bisnis berjalan tahunan, saya kira ada yang salah. Kami berkomitmen untuk bisa melakukan banyak hal yang lebih cepat,” ujarnya.

Lebih lanjut Jonan mengatakan, baik pemerintah maupun pelaku industri tidak dapat mengelola harga. Oleh sebab itu, yang dapat dilakukan adalah memastikan tata kelola industri yang baik, termasuk dengan melakukan berbagai efisiensi dan menghilangkan hambatan berusaha, sehingga proses bisnis berjalan cepat.

Jonan mencontohkan proyek gas Masela sebagai gambaran bagaimana lambatnya proses bisnis di sektor migas. Meski sudah berproses selama hampir satu dekade, sampai saat ini proses produksi belum kunjung terealisasi.  “Mungkin first oil atau first gas ketika saya sudah pikun nanti, ujarnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*