Menteri Jonan Minta SKK Migas Bekerja Lebih Cepat

47300
Menteri ESDM Berupaya Percepat Proses Perizinan Hulu Migas
istimewa

Menteri Jonan Minta SKK Migas Bekerja Lebih Cepat

 

indoPetroNews- Selama ini industri hulu minyak dan gas bumi (migas) terlalu lamban. “Tidak hanya SKK Migas tetapi hampir semua sektor di negeri ini lamban bekerjanya,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Indonesian Petroleum Association (IPA) Convex ke 41, Rabu (17/5/2017) di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat.

Oleh sebab itu, dirinya berharap SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) dapat bekerja lebih cepat. Bekerja lebih cepat ini juga menjadi arahan Presiden Jokowi. “My door always open untuk para KKS dan SKK Migas,” ujar Jonan.

Jonan mengakui bahwa produksi minyak tengah turun drastis. “Tidak seperti masa Pak Subroto, produksi minyak mencapai 1,7 juta barel per hari. Kini hanya 8000 barel per hari. Mungkin saya harus pake dasi kupu-kupu agar produksi minyak kembali tinggi,” seloroh Jonan, yang disambut gelak tawa para hadirin dan peserta IPA Convex.

Jonan tidak menampik bahwa turunnya produksi minyak disebabkan oleh EOR yang tidak maksimal. “Apalagi  eksplorasi yang minim,” tegas Jonan.

Dia juga merasa frustasi karena amandemen PP 79 2010 tidak kelar. “Sudah 7 bulan sejak saya menjabat menteri ESDM juga belum selesai padahal amandemen PP 79 ini sangat penting untuk meningkatkan investasi migas,” ujarnya.

Menurut Jonan sektor migas saat ini menjadi driver ekonomi bukan lagi sebagai devisa bagi negara. “Karena itu ada program Gas to Power,” kata Jonan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*