Saudi-Rusia Perpanjang Masa Pemangkasan Minyak

64100
Masyarakat Sipil Desak Penanganan Pengeboran Ilegal Sumur Tua Dilakukan Komprehensif
Foto: istimewa

Saudi-Rusia Perpanjang Masa Pemangkasan Minyak

 

indoPetroNews- Pemerintah Arab Saudi dan Rusia menyetujui untuk memperpanjang pemangkasan output minyak mentah (Crude Oil) sampai Maret 2018. Langkah tersebut untuk  menyeimbangkan kelebihan pasokan dan permintaan pasar.,

“Peraturan dalam kesepakatan baru ini akan sama dengan persetujuan sebelumnya,” kata Menteri Energi Arab Saudi Khalid Al-Falih, dalam joint statement dengan Menteri Energi Rusia Alexander Novak, Senin (15/5/2017).

Kedua pejabat tersebut menyepakati untuk melakukan apa saja yang diperlukan guna mengurangi limpahan surplus minyak dalam inventori global yang masih bertahan di level tinggi, termasuk dengan mengundang partisipasi negara-negara produsen minyak lain dalam perpanjangan kesepakatan pemangkasan output ini. Targetnya, inventori turun hingga mencapai rerata lima tahun.

Berdasarkan kesepakatan yang masih berlangsung saat ini, negara-negara anggota OPEC dan sejumlah produsen minyak lain menjanjikan untuk memangkas output sebanyak hampir 1.8 juta barel per hari (bph) hingga pertengahan 2017.

Sebagai catatan, Rusia menduduki kursi produsen minyak terbesar dunia, sedangkan Arab Saudi merupakan eksportir terbesar. Kedua negara juga mengendalikan sekitar 20 juta bph output harian, setara dengan seperlima konsumsi minyak global. Tidak heran bila kesepakatan ini pun diapresiasi positif pasar. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*