Jadikan Industri Hulu Migas Lebih Kompetitif

63700
Jadikan Industri Hulu Migas Lebih Kompetitif
Sumber : petroenergy.id

Jadikan Industri Hulu Migas Lebih Kompetitif

 

indoPetroNews- Indonesia masih mempunyai potensi cadangan minyak dan gas bumi (migas). Karena itu eksplorasi harus segera dilakukan. Kendati demikian, daerah yang memiliki potensi migas tersebut terletak di daerah Indonesia Timur.

“Potensinya di wilayah yang lebih sulit karena infrastrukturnya sedikit dan tentu investasinya mahal,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Petroleum Association (IPA), Marjolijn Wajong dalam satu diskusi bertajuk GE Oil & Gas “Decoding the Oil & Gas Industry” pada Selasa, (9/5/2017) pukul 12:30-14:00 WIB di Diamond Meeting Room, Lantai 3 Fairmont Hotel, Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta. Ia percaya, Indonesia masih memiliki potensi dan cadangan migas tetapi harus digali.

Dia juga menuturkan peluang lainnya adalah di lapangan-lapangan migas yang sedang berproduksi. “Potensi itu bisa dimaksimalkan dengan menggunakan EOR,” katanya.

Marjolijn mengungkapkan dari lapangan-lapangan besar dan yang sudah ditemukan pun masih bisa dikembangkan lagi. Misalnya blok Masela, IDD, Natuna dan Ande-ande Lumut. “Itu semua sudah ditemukan cuma bagaimana caranya dikembangkan lagi lebih maksimal,” cetus Marjolijn.

Menurutnya, industri hulu migas jangan hanya diukur dari revenue setiap kali berproduksi tapi industri ini juga memberikan peluang bagi perusahaan-perusahaan penunjang operasi migas. “Tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang menunjang operasi kita sehari-hari,” ujarnya. Sebut saja perusahaan yang menyewakan kapal, perusahaan penyedia catering makanan dan lain semacamnya.

Walaupun demikian, ia tidak menampik industri hulu migas saat ini belum banyak berdaya. Pemerintah, katanya, sedang melakukan berbagai upaya agar industri hulu migas berdaya. Pemerintah telah mengerjakan PR dari yang sebelumnya. Semangat untuk membuat perubahan ada. “Saya hargai langkah pemerintah. Kita bisa bekerjasama untuk menjadikan usaha bisnis ini kembali bergairah,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, perlu juga dipikirkan agar industri hulu migas ini lebih kompetitif secara ekonomi selain efisien. Sebab investor itu juga bisa menanamkan investasinya di negara lain selain di Tanah Air. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*