Tantangan Hulu Migas Saat Harga Minyak Rendah

59300
Dirjen Migas Tetapkan Ron 98 Dipasarkan di Dalam Negeri
Foto : ogindonesia.com

Tantangan Hulu Migas Saat Harga Minyak Rendah

 

indoPetroNews- Kondisi harga minyak di pasar dunia masih relatif rendah sejak medio 2014. Padahal sebelumnya harga minyak sempat menembus lebih dari 100 USD per barel. Karena  semua komponen yang terlibat dalam industri hulu minyak diharapkan dapat melakukan efisiensi.

“Agar industri hulu minyak dan gas bumi (migas) tetap berjalan maka melakukan efisiensi dan peningkatan produksi.  Supaya revenue tetap dan produksi meningkatk maka harus tingkatkan efisiensi,” kata Deputi Bidang Pengendalian Pengadaan, Djoko Siswanto kepada indopetronews.com Kamis (4/5/2017) di ruang kerjanya, Wisma Mulia, Jakarta.

Djoko mengakui situasi ini tidak mudah. Tetapi harus dihadapi karena inilah tantangannya. “Satu proyek prusahaan yang sudah berjalan (onstream) kan susah. Terutama karyawan, karena gaji tidak bisa diturunkan,” ungkapnya.

Dia menuturkan, beberapa perusahaan migas, seperti Chevron mengurangi karyawannya dengan cara memberikan opsional. “Bila mau pensiun dini, dapat pesangon sekian bulan. Intinya, semua perusahaan migas harus melakukan efisiensi.  Arahan dari pimpinan, dari proses bisnisnya (eksplorasi hingga selesai proses di hulu) melakukan penghematan 5%,” imbuhnya.

Mantan Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM menyatakan, pihak SKK Migas juga berupaya hendak meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Bila meningkatkan TKDN, lanjut Djoko, maka harga akan lebih mahal. Sementara perusahaan dituntut untuk efisien. Karena itu tidak mudah untuk mensinergikan hal tersebut.

“Apalagi krisis terjadi tidak hanya berlangsung di Indonesia. Harga minyak di belahan dunia lain pun juga rendah. Di sana pun juga melakukan efisiensi. Otomatis kan lebih murah. Tapi kalau kita mau impor, sementara kita  ada produk  dalam negeri dan harganya lebih mahal,”tandasnya. Nah, inilah tantangannya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*