IPO Aramco Adalah Inti Visi Arab Saudi 2030

0
201
Produksi Minyak AS Capai 9.43 Juta Barel per Hari
Foto : boombastis.com

IPO Aramco Adalah Inti Visi Arab Saudi 2030

 

indoPetroNews- IPO (penjualan saham perdana) Saudi Aramco, perusahaan minyak dan gas bumi (migas) milik Kerajaan Arab Saudi, merupakan inti dari Visi Arab Saudi 2030. Demikian dikatakan oleh Wakil Putera Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman dalam wawancara khusus dengan stasiun televisi Al-Ikhbariya pada Selasa (2/5/2017).

Dia mengakui tanpa IPO Aramco pemerintah perlu berpuluh-puluh tahun untuk membangun perekonomian dan industri-industri baru.

Seperti diketahui pengumuman IPO dilakukan oleh Pangeran Muhammad bin Salman April 2016 silam. Dana dari IPO Aramco itu akan dimasukkan ke dalam PIF, kemudian disalurkan dalam bentuk investasi.

PIF bakal mengeluarkan dana US$ 133 miliar untuk berinvestasi dalam tiga tahun setelah IPO Aramco. Menurut Wakil Putera Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman, paling sedikit setengah dari fulus hasil IPO (penjualan saham perdana) Saudi Aramco akan dipakai untuk berinvestasi di Arab Saudi.

Arab Saudi berencana melakukan IPO Aramco, perusahaan minyak dan gas milik pemerintah Saudi, di semester kedua 2018. IPO Aramco itu sebesar lima persen saham.

“Hasil dari IPO Aramco akan membantu kami mencari peluang investasi lain,” kata Pangeran Muhammad bin Salman yang juga menjabat sebagai kepala Dewan Ekonomi dan Pembangunan Arab Saudi. Hasil dari IPO, lanjutnya, akan dipakai untuk berinvestasi di Saudi, tidak akan di bawah 50 persen dan bisa mencapai 70 persen.(Sofyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*