Pesan Menteri ESDM Soal Gas Bumi

66800
Pesan Menteri ESDM Soal Gas Bumi
istimewa

Pesan Menteri ESDM Soal Gas Bumi

 

indoPetroNews- Ada pesan khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan terkait gas bumi. Apa saja pesannya?

Pertama mengenai eksplorasi. “Kalau ada masukan dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) existing bisa lewat SKK Migas atau saya atau Pak Dirjen Migas,” kata Jonan dalam sambutannya saat  membuka  acara Forum Gas Bumi Nasional 2017 pada Rabu (3/5/2017) di Jakarta. Pemerintah sangat mendorong eksplorasi migas terus menerus.

Menurutnya, pemerintah dulu mengamandemen PP 79. “Mestinya sih sebentar lagi selesai di Kemenkeu. Mudah-mudahan kalau keluar eksplorasinya bisa maksimal,” kata Jonan.

Kedua, terkait produk dalam negeri. “Pemerintah sangat mendukung penggunaan produk dalam negeri yang makin lama makin banyak. Karena akan ada penambahan jumlah tenaga kerja dan nilai tambah tapi kualitasnya tidak boleh beda,” katanya.

Ketiga, menggunakan produk dalam negeri harus lebih murah walaupun kualitasnya sama. “Saya sangat mendorong, seperti model PSC yang non Cost Recovery atau Gross Split kan sambil dibikin formula,” katanya. Kalau TKDN berapa persen dapat split lebih banyak, tapi tetap produk dalam negeri harus competitive, kalau tidak bisa maka kita sebagai bangsa tidak bisa bersaing dan maju.

“Ini yang saya mohon dengan sangat bahwa peningkatan kualitas produk dalam negeri
harus bagus,” tegas Jonan.

Keempat, sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi bahwa kelistrikan harus diutamakan di dalam penggunaan sumber energi gas. Karena itu kita sudah keluarkan Kepmen untuk turbin-turbin PLN. Sudah ditentukan pasokannya berapa, dari mana dan lain sebagainya. “Minggu ini saya sudah minta untuk buat lagi PLTG, PLTGU dan PLTMG yang alokasi gasnya akan diputusin pemerintah,” katanya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*