Potensi Migas Indonesia Timur Tidak Bisa Diabaikan

90000
Qatar Butuh Suplai Gas Iran
Foto : alatberat.com

Potensi Migas Indonesia Timur Tidak Bisa Diabaikan

 

indoPetroNews- Pertumbuhan ekonomi di bagian Indonesia Timur memerlukan tenaga listrik yang cukup besar. Kebutuhan energi listrik untuk Indonesia Timur, dapat dipenuhi dengan membangun pembangkit listrik bertenaga gas.

Potensi minyak dan gas bumi (migas) Indonesia di masa mendatang berada di kawasan Indonesia bagian Timur. Di kawasan mana saja?

“Wilayah Indonesia Timur memiliki cadangan gas yang cukup besar, yang tersebar di tiga wilayah, yaitu; Blok Tangguh, Blok Kasuari dan Blok Masela,” kata Tutuka Ariadji, Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Perminyakan (IATMI) kepada sejumlah media, Selasa (2/5/2017)  di Jakarta. Potensi ini dapat menggerakkan  pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur.

Menurutnya, potensi tersebut tidak bisa diabaikan. “Saya kira hal ini tidak bisa dikesampingkan begitu saja,” kata guru besar Institut Teknologi Bandung (ITB) ini. Dia juga menuturkan, pemerintah akan sulit meningkatkan perekonomian tanpa adanya industri migas. Contohnya proyek listrik 35 GW yang saat ini dikembangkan berbahan bakar minyak atau gas.

Tutuka juga memaparkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar akan tenaga ahli di sektor migas, baik tenaga ahli teknis maupun non-teknis yang jumlahnya terus bertambah. Berdasarkan data pada tahun 2007, jumlahnya mencapai 800.000 orang, yang tersebar pada berbagai keahlian tertentu. Perlu diketahui, bahwa industri migas juga menyerap berbagai keahlian non-teknis dari berbagai disiplin ilmu, seperti ekonomi, manajemen, komunikasi, pemasaran, lingkungan hidup, dan lain sebagainya.

Tutuka juga menghawatirkan nasib berbagai infrastruktur pendidikan yang ada di Indonesia saat ini, khususnya yang terkait dengan migas. Pasalnya, apabila tenaga ahli di bidang ini tidak lagi mampu diserap oleh bursa kerja, maka lambat laun sektor pendidikan yang penyumplai tenaga ahli di sektor ini akan mengalami kemunduran. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*