SKK Migas Tak Menampik Pembebasan Lahan Jadi Kendala Operasi

43000
SDF Berupaya Kuasai Sumur Minyak Suriah
Foto: cnnindonesia.com

SKK Migas Tak Menampik Pembebasan Lahan Jadi Kendala Operasi

 

indoPetroNews- Persoalan pembebasan lahan untuk areal industri hulu minyak dan gas bumi (migas) menjadi perhatian utama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Apa saja langkah untuk mengatasinya?

Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi tidak menampik masih ada sejumlah persoalan yang menghadang para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) dalam menjalankan operasinya. Misalnya menyangkut pembebasan lahan. “Kalau masalah utama adalah pembebasan lahan, nanti SKK Migas akan meneruskan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pertanahan,” kata Amien, Rabu (26/4/2017) di Jakarta. Supaya nanti, kalau ada persoalan pertanahan bisa segera dibereskan.

Seperti diketahui, pengembangan industri hulu migas, umumnya terletak di remote area.
Pada saat terdapat upaya dari beberapa pihak untuk melakukan pembebasan tanah, kemudian dipersepsikan seolah-olah terdapat oppurtunity untuk mendapatkan penerimaan yang tidak biasa. Ini menjadi kendala dalam melakukan pembebasan. Ujung-ujungnya bukan hanya masalah perizinan saja tapi juga masalah penguasaan lahan itu sendiri.

Amien juga menyatakan bila ada persoalan dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda), pihak SKK Migas berkomunikasi dengan Asosiasi Daerah Penghasil Migas.

Harapannya, lanjut Amien, apa yang dihadapi oleh para kontraktor dari sisi di lapangan, supplay chain dari sisi komersialnya, akan bisa dibikin lebih murah dan lebih cepat. “Caranya, SKK Migas menjalin kerjasama dengan para stakeholders,” ujar Amien. Pihaknya akan menempuh jalan untuk mendekati key stakeholder dan menjalin kerjasama.

“Yang penting operasi di hulu migas, yang pelakunya di lapangan oleh kontraktor, bisa lebih cepat, lebih efisien,” tandasnya. Dan akhirnya profit yang bisa dibagi menjadi lebih besar. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*