Morotai Bakal Punya PLTMG

35100
Morotai Bakal Punya PLTMG
Foto : tribunnews.com

Morotai Bakal Punya PLTMG

 

indoPetroNews- Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) bakal dibangun di Moratai, di Kepulauan Halmahera, Maluku. Berapa kapasitasnya dan siapa yang mau membangun?

Adalah PLN (Persero) yang akan membangun pembangkit listrik di Pulau Morotai. Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di salah satu pulau terluar Indonesia tersebut. “Kapasitasnya 10 Mega Watt (MW),” kata Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN Haryanto WS kepada sejumlah media, Selasa (25/4/2017) di Jakarta.
Pembangunan PLTMG tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun kebutuhan infrastruktur di kawasan tersebut.

“Pembangkit ini akan dikembangkan oleh salah satu pengembang di KEK Morotai,” kata Haryanto.

Dia menyatakan bahwa grup yang sama juga mengembangkan kawasan industri Jababeka.

Haryanto juga menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini, proses pembangunan PLTMG di KEK Morotai ini baru sampai proses pembebasan lahan. Di KEK Morotai sendiri, saat ini kebutuhan atau beban listrik yang tercatat oleh PLN baru sekitar 2,5 MW. Namun, perkembangan kawasan tersebut diprediksi akan membutuhkan semakin besar pasokan.

Menurut Haryanto, biaya pembangunan pembangkit di Desa Juanga, Morotai Selatan ini diambil dari dana internal PLN. Saat ini, PLN juga sudah mengantongi beberapa perizinan terkait lokasi dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). “Sehingga, diharapkan tahun 2019 sudah bisa beroperasi secara komersial,” ujar Haryanto. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*