Pemerintah Dorong Penggunaan BBG untuk Transportasi

31800
Pemerintah Dorong Penggunaan BBG untuk Transportasi
Foto : kompas.com

Pemerintah Dorong Penggunaan BBG untuk Transportasi

 

indoPetroNews- Pemerintah terus mendorong penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG) lebih masif. Apa buktinya?

“Pemerintah telah menerbitkan Permen ESDM Nomor 25 Tahun 2017 tentang tentang Percepatan Pemanfaatan Bahan Bakar Gas Untuk Transportasi Jalan yang antara lain mewajibkan SPBU menyediakan dispenser gas,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi (migas) IGN Wiratmaja Puja kepada wartawan, Rabu (26/4/2017) di Jakarta.

Hingga saat ini telah diidentifikasi150 SPBU yang berpotensi dilengkapi dengan dispenser bahan bakar gas.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan konverter kit secara gratis kepada kendaraan dinas dan transportasi umum. Untuk tahun ini, akan dibagikan sekitar 8.900 unit.

Menurut Wiratmaja, penggunaan BBG untuk transportasi memberikan pilihan bagi masyarakat dalam penggunaan bahan bakar untuk kendaraannya. Selain itu, gas juga harganya lebih murah, bermutu tinggi serta bersih bagi lingkungan.

“Jadi masyarakat memiliki pilihan yang lebih luas lagi untuk bahan bakar, di mana gas harganya lebih murah dan tidak impor. Udara juga jauh lebih bersih,” katanya.

Dia juga menjelaskan, bahan bakar gas memiliki oktan number yang lebih tinggi dari bahan bakar jenis Premium, satu tingkat dengan Pertamax. Dari sisi harga, saat ini harga bahan bakar gas Rp 3.100 per liter setara Premium (lsp), jauh lebih murah dibandingkan Premium yang harganya Rp 6.450 per liter. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*