Indonesia Power Bakal Bangun Pembangkit Listrik Berbasis Sampah

49900
Indonesia Power Bakal Bangun Pembangkit Listrik Berbasis Sampah
istimewa

Indonesia Power Bakal Bangun Pembangkit Listrik Berbasis Sampah

 

indoPetroNews- Pembangkit listrik berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) sedang digalakkan di Tanah Air. Salah satu perusahaan yang kini sedang merencanakan pembangunannya adalah PT Indonesia Power. Berapa kapasitas pembangkitnya?

“Kita sedang merencanakan pembangunan energi berbasis sampah di Jakarta Utara,” kata
General Manager Indonesia Power, Herdiyanto Soekono kepada sejumlah wartawan, Kamis (20/4/2017) di Jakarta. Feasibility studinya sudah dibuat.

Walaupun demikian, pihak Indonesia Power masih mencari lokasi yang tepat. Karena wilayah Jakarta Utara sudah sangat padat penduduknya. Kapasitas pembangkitnya direncanakan sebesar 2 x 15 Megawatt dan akan dibangun di Merunda.

Menurut Herdiyanto, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat. “Kebetulan daerah Kelurahan Warakas, Jakarta Utara juga sedang memikirkan tentang persoalan sampah dari warga yang hendak dikonversi menjadi listrik,” ujar Herdiyanto. Program ini sebenarnya bisa diintegrasikan dengan program pembangkit listrik berbasis sampah milik Indonesia Power.

Berdasarkan keterangan dari pihak Suku Dinas (Sudin) Kebersihan Jakarta Utara, terdapat 1300 truck sampah per hari yang dikirim ke Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. “Bila program pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah ini bisa disinergikan antara Indonesia Power dengan pihak pemerintah daerah Jakarta Utara, tentu sangat bagus,” kata Herdiyanto, seraya mengimbuhkan bahwa perusahaannya pun saat ini sedang melaksanakan program Kampung Sehat.

Program yang telah dilakukan sejak 2015 menggandeng pihak kelurahan. “Kita membuat sayembara di 8 RW Kelurahan Warakas. Saat ini pemenangnya adalah RW 11,” tandasnya.

Selain Kampung Sehat, terdapat beberapa program CSR lain yang tengah dikembangkan Indonesia Power. Diantaranya adalah bantuan Pendidikan Usia Dini (PAUD), edukasi kebersihan lingkungan, efisiensi energi dan penanaman 3.200 pohon. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*