Pertamina Tidak Miliki Kilang Produksi BBM Euro IV

44800
Pengamat : Pertamina Sesak Nafas pada Tahun Politik
Foto: energyworld.com

Pertamina Tidak Miliki Kilang Produksi BBM Euro IV

 

indoPetroNews- PT Pertamina (Persero) sampai detik ini tidak bisa memproduksi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kualitas Euro IV. Mengapa?

“Pasalnya Pertamina tidak mempunyai kilang untuk memproduksi jenis BBM kualitas Euro IV.  Karena itu, tahun 2018 kita prediksi akan impor  BBM hingga 100 persen, jika standar BBM kualitas Euro IV mulai diterapkan,” kata Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman kepada wartawan, Senin (17/4/2017) di Jakarta. Sampai saat ini tidak ada satupun kilang milik PT Pertamina (Persero) yang bisa memproduksi BBM kualitas Euro IV.

“Ini sangat ironis. Di satu sisi BBM Euro IV sangat baik bagi lingkungan, di sisi lain penyediaan BBM Euro IV akan menjadi kendala,” tandasnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) No.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O, mengharuskan kendaran bermesin bensin mulai menerapkan atau menggunakan BBM jenis EURO IV pada 2018, sedangkan jenis diesel baru berlaku pada 2021.

“Sebaiknya mesti ada koordinasi antara Kementerian LHK dengan Kementerian ESDM soal penerapan BBM standar Euro IV. Sebagai kementerian teknis, sudah semestinya Kementerian LHK melibatkan Kementerian ESDM,” katanya.

Lebih jauh Yusri mengungkapkan, kilang milik Pertamina saat ini masih sangat kesulitan untuk memproduksi BBM dengan kualitas Euro II. “Ini apalagi untuk memproduksi BBM kualitas Euro IV,” katanya.

Yusri tidak menampik bahwa memang dibutuhkan investasi hingga ratusan triliun untuk melakukan revitalisasi kilang milik Pertamina untuk ditingkatkan kualitasnya agar bisa memproduksi BBM kualitas Euro IV.

“Apakah keuangan Pertamina sanggup menanggung besarnya biaya tersebut?,” tandas Yusri seraya berharap pemerintah bisa mencarikan solusinya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*