Indonesia Tidak Berinvestasi Pencarian Data Eksplorasi

59700
Indonesia Tidak Berinvestasi Pencarian Data Eksplorasi
istimewa

Indonesia Tidak Berinvestasi Pencarian Data Eksplorasi

 

indoPetroNews- Satua Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah membangun database subsurface management system. Kapan dan apa keuntungannya?

“Kita sudah imulai tahun lalu. Semua data dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) kita ambil secara bertahap supaya semua data ada di SKK Migas,” kata Ira Miriawati, Kepala Divisi Teknologi dan Pengembangan Lapangan SKK Migas kepada indoPetroNews.com  Selasa (11/4/2017) di Jakarta.

Dalam arahan Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi, di beberapa kesempatan, memang  menginginkan agar semua data harus dimiliki oleh lembaga ini, baik data lama maupun data terbaru sehingga menjadi lebih komplit.

Keuntungan memiliki data, ungkap Ira, bila mau mencari data dan jika pihak manajemen hendak mengambil keputusan maka diperoleh data yang terbaru dan lebih cepat.

“Investor pun memperoleh data yang bagus dan komplit sehingga akan lebih tertarik berinvestasi.  Kalau datanya bagus dan komplit pihak investor pun tidak mempersoalkan signature bonus yang besar,” katanya.

Kesulitannya sekarang, katanya, adalah pemerintah Indonesia tidak berinvestasi untuk mencari data eksplorasi. “Malaysia belajar PSC dari kita dan kemudian menugaskan Petronas untuk mencari data eksplorasi (berinvestasi dalam eksplorasi). Karena itu data yang ditawarkan kepada investor lebih bagus dan menarik,” paparnya. Sementara  Indonesia tidak, datanya juga kurang menarik. (Sofyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*