Dirjen Migas Buka Penawaran 12 WK

58500
Dirjen Migas Buka Penawaran 12 WK
istimewa

Dirjen Migas Buka Penawaran 12 WK

 

indoPetroNews- Pada saat dunia bisnis minyak belum menguntungkan, tapi pemerintah terus memberi dorongan agar investasi migas tetap menarik. Apa saja bentuk supportnya?

Untuk mendorong tumbuhnya industri minyak dan gas bumi (migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dalam hal ini Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi (Migas) sedang membuka  penawaran lelang 12 Wilayah Kerja (WK) Migas.

“Saat ini kita sedang membuka lelang 12 WK migas,” kata IGN Wiratmaja Puja dalam acara press conference, Selasa (11/4/2017) di Jakarta. Namun tidak dijelaskan lebih rinci WK yang akan segera ditawarkan.

Menurut mantan staf khusus Menteri ESDM Jero Wacik ini, 12 WK migas yang ditawarkan tersebut menggunakan skema PSC Gross Split.

Penggunaan skema Gross Split untuk WK migas konvensional, baru mulai diberlakukan tahun ini. Sedangkan untuk non konvensional, pada tahun 2016 sudah diberlakukan dalam bentuk gross split sliding scale.

Sementara itu mengenai hasil penawaran WK migas tahun 2016, untuk 14 WK migas konvensional yang ditawarkan melalui reguler tender dan penawaran langsung, saat ini prosesnya masih dalam tahap akhir dan akan diumumkan bulan ini.

Berdasarkan hasil sementara, banyak investor yang dari hasil evaluasi, dokumennya tidak lengkap atau tidak memenuhi kriteria. Hanya satu WK yang masih dievaluasi. “Itu memang kondisi kita. Apa boleh buat,” tambahnya.

Untuk penawaran WK migas non konvensional, dari 3 WK yang ditawarkan yaitu GMB Raja, GMB Bungamas dan MNK Batu Ampar, tidak ada yang berminat. “Ini yang saya bilang Indonesia kalah atraktif dibandingkan dengan negara-negara lain secara global. Lelang ini tidak diminati, itu menjadi tantangan kita. Berbagai regulasi ke depan kita revisi supaya menjadi lebih atraktif,” papar Wiratmaja Puja.

Disamping itu, kata Wiratmaja Puja, pemerintah akan memberikan signature bonus yang lebih menarik. “Signature bonus juga kita berikan,” ujarnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*