Iran Buka Kran Negosiasi Impor Minyak dengan India

64200
Iran Peringati Hari Nasionalisasi Minyak
Foto : sindonews.com

Iran Buka Kran Negosiasi  Impor Minyak dengan India

 

indoPetroNews- Republik Islam Iran menginginkan negosiasi dengan India untuk memperluas kerja sama dalam bidang minyak dan gas bumi (migas). Padahal sebelumnya tersiar kabar bahwa India akan mengurangi volume impor minyak dari negeri para Mullah tersebut.

Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh,  menginginkan negosiasi dengan India untuk memperluas kerja sama.

“Pengurangan ekspor minyak Iran ke India tidak akan menimbulkan masalah dan konsumen minyak Iran masih banyak melebihi kapasitas ekspor negara ini,” kata Zanganeh, seperti dilansir IRNA (5/4/2017).

Dia mengatakan, atmosfir perundingan yang rasional harus tercipta dan kami tidak mau menandatangani kontrak di bawah ancaman, karena retorika ancaman, tidak baik.

Zanganeh menjelaskan, India merupakan salah satu konsumen minyak Iran yang baik dan Tehran ingin memperluas kerja sama dengan India.

Zangadeh menambahkan, Iran saat ini tengah melakukan negosiasi dengan India, namun harus diciptakan atmosfir rasional dalam perundingan karena Tehran tidak mau menandatangani kontrak di bawah ancaman.

Menurut Zanganeh, berdasarkan kontrak yang sudah ditandatangani Iran dan India, disepakati hingga bulan September 2016, New Delhi harus menyampaikan usulannya terkait pengembangan ladang gas Farzad B namun hingga batas waktu yang ditentukan negara itu tidak melakukannya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*