PLTGU Cilegon Hasilkan Listrik Menggunakan 2 Macam Turbin

70200
PLTGU Cilegon Hasilkan Listrik Menggunakan 2 Macam Turbin
istimewa

PLTGU Cilegon Hasilkan Listrik Menggunakan 2 Macam Turbin

 

indoPetroNews- Anak perusahaan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN), Indonesia Power (IP) PLTGU Cilegon  memanfaatkan gas untuk menghasilkan listrik menggunakan dua macam turbin, gas dan steam.

“Ini bentuk nyata industri yang memanfaatkan migas,” kata General Manager Indonesia Power PLTGU Cilegon Zuldi Rakhmanto kepada wartawan di kantor IP PLTGU Cilegon (6/4/17).

Dia menjelaskan selama beroperasi Proyek Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) yang berlokasi di Desa Magasari, Serang ini menerima pasokan gas dari CNOOC dan PGN.

“Kapasitas gasnya 80 BBTU dari CNOOC SES (Southeast Sumatra) yang dipasok sejak 2004 dan 30 BBTU dari PGN yang dipasok sejak 2010,”kata Zuldi.

Dengan menggunakan gabungan 2 gas turbine dan 1 steam turbine, kapasitas listrik yang dapat dihasilkan oleh PLTGU ini mencapai 650 hingga 660 Megawatt (MW) dan dialirkan melalui transmisi bertegangan 150 kilovolt ke area Jawa dan Bali. Kapasitas ini dirasa masih belum maksimal dikarenakan ketiga turbin ini sebenarnya bisa menghasilkan listrik hingga 740 MW. Ini disebabkan oleh kurangnya pasokan gas yang diproses oleh fasilitas PLTGU.

“Listrik kami juga dimanfaatkan oleh industri-industri yang ada di daerah Cilegon,”katanya.

Zuldi menambahkan,dari sekian banyak pembangkit listrik di sekitar Banten, PLTGU milik Indonesia Power adalah satu-satunya yang menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*