Menteri Jonan Bakal Bangun 300.000 Jargas

40700
Menteri Jonan Teken Permen Pengusahaan  Hilir Migas
Foto: liputan6.com

Menteri Jonan Bakal Bangun 300.000 Jargas

 

indoPetroNews- Upaya untuk menyediakan gas yang terjangkau bagi masyarakat tengah direncanakan. Pasalnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini tengah menggodok proyek  pembangunan 300.000 jaringan gas (Jargas) kota di seluruh Indonesia pada 2019. Siapa konsumennya?

“Sekarang kami mulai bangun lagi di 2019 300.000 jaringan. Kami akan coba terus mungkin 2024 satu juta jaringan. Diutamakan untuk perumahan sederhana,” ujarnya kepada media, Kamis (6/4/2017) di Jakarta. Rencana pembangunan jargas tersebut diprioritaskan kepada perumahan sederhana.

Jonan menjelaskan kelebihan atas penggunaan gas bumi. Selain biaya yang lebih murah didapatkan oleh pengguna yang hampir setengah dari harga Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg, Pemerintah juga tidak perlu melalukan impor LPG. “6,5 juta ton kebutuhan LPG setahun, itu impor kira-kira 4,5 juta ton,” katanya.

Pertimbangan atas melimpahnya gas bumi dengan kandungan berbeda-beda di setiap lapangan tidak bisa dimanfaatkan begitu saja untuk menutupi kebutuhan LPG di Indonesia. “Kalau tidak ada C3 atau C4 tidak bisa jadi LPG,” jelas Jonan.

Sebagai catatan, Kementerian ESDM c.q Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) melalukan penandatangan nota kesepahaman dengan kepala 9 Kota/Kabupaten tentang penyediaan dan pendistribusian gas bumi untuk rumah tangga Tahun Anggaran 2017 sebesar 59.809 Sambungan Rumah Tangga (SR). (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*