ExxonMobil Kreasikan Pelumas EBT

29000
ExxonMobil Kreasikan Pelumas EBT
istimewa

ExxonMobil Kreasikan Pelumas EBT

 

Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya dariExxonMobil Lubricants Indonesia. Apa bentuk konkret dukungannya?

“Kita kenalkan pelumas untuk mesin yang beroperasi dengan gas, cocok guna penghematan energi dengan gas alam,” kata General Manager Indonesia Business Venture, ExxonMobil Lubricats Indonesia kepada wartawan, Selasa (4/4/2017) di Jakarta. Mesin gas yang bahan bakar gasnya dari lenvil atau biogas. Bukan natural gas. Kalau natural gas.

Dia juga mengungkapkan terdapat produk lubricants yang khusus untuk mesin-mesin energi baru terbarukan. “Sampah itu mengandung metana atau solven-solven yang bisa merusak performance yang lain. Karena itu kita ciptakan formula berbeda,” kata Sigit. Ada Pegasus 610, 710, dan 605.

“Ini produk lubricants yang bisa menghasilkan performance yang lebih baik, lebih efisien,” kata Sigit. Pelumas tersebut menggunakan aditif yang lebih baru dan proses blendingnya  juga menggunakan teknologi terbaru.

“Base oilnya juga selektif sehingga tercipta produk yang performancennya lebih superior dibanding produk-produk sebelumnya,” ujar Sigit.  Saat ini ada pembangkit listrik yang berbasis sampah. Misalnya di Benowo, Surabaya dan Bantar Gebang, Bekasi. Di Sumatera, pabrik-pabrik sawit juga menghasilkan biogas.

Dia juga mengatakan, pada saat ini Indonesia belum memiliki pengembangan mesin untuk berbasis gas, semuanya masih impor, sehingga rekomendasi penggunaan pelumas masih dalam tahap pengenalan.

Sigit menjelaskan, di tengah ketatnya persaingan bisnis, para pelaku industri perlu memperhatikan faktor efisiensi, baik dari segi teknis maupun produktivitas, agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Di Texas, Amerika Serikat sebuah perusahaan energi mengoperasikan mesin Waukesha 9390 untuk mengekstraksi gas alam dari serpihan dan formulasi padat lainnya dengan cara yang aman dan ramah lingkungan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*