Banyak Kontraktor Migas Kelas Dhuafa di Indonesia

56000
Inilah Capaian Hulu Migas per Mei 2018
Foto: koran.bisnis.com

Banyak Kontraktor Migas Kelas Dhuafa di Indonesia

 

indoPetroNews- Di tengah merosotnya harga minyak dunia, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memacu agar perusahaan kontraktor dapat memaksimalkan produksinya. Apa saja dorongan  SKK Migas?

Menurut Kepala SKK Migas, kewajiban utama  lembaganya adalah bagaimana menjadikan 192 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) eskplorasi bisa discovery.

Paling tidak 10 perusahaan kontraktor migas. Karena lebih banyak kontraktor kelas dhuafa,” kata Amien Sunaryadi, Kepala SKK Migas,  dalam satu diskusi pada akhir Maret di Jakarta. Kontraktor kelas dhuafa ini mau seismik dan mengebor tidak punya uang.

Saat ini terdapat 277 Kontraktor KKS yang beroperasi di Indonesia. Ada  192 Kontraktor KKS eksplorasi. “Dari 192 ini, kalau saya berharap ada 10 saja yang discovery itu saya sudah senang,” tandas Amien.

Menurutnya, ada sejumlah Kontraktor yang dicari kantornya saja tidak ketemu. “Jadi situasinya seperti itu. Sebagian besar yang akan EOR itu masih PSC cost recovery. Ke depan PSC dengan skema Gross Split.

“Kami masih perlu bantuin para kontraktor terkait pekerjaan dengan sistem penunjukan langsung atau tender, seperti yang dilakukan Pertamina. Mereka khawatir  akan dipidanakan dan dianggap merugikan negara,” katanya. Kesulitan non teknikal itulah yang sering menghambat proses produksi migas. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*