Dirjen Migas Buka Lelang WK Migas Konvensional dan Nonkonvensional

0
240
KESDM Sederhanakan Perizinan Hulu Migas
Foto : katadata.com

Dirjen Migas Buka Lelang WK Migas Konvensional dan Nonkonvensional

 

indoPetroNews- Pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) saat ini tengah membuka penawaran lelang Wilayah Kerja (WK) migas tahun 2017 untuk WK migas konvensional. Apa saja rinciannya?

“Ada lelang reguler. Termasuk dalam kategori ini, yaitu Durian, (Kepulauan Riau), East Tanimbar (Maluku), dan Memberamo (Papua),” kata Dirjen Migas IGN Wiratmajapuja kepada media, Kamis (30/3/2017) di Jakarta.

Ada pula yang disebut sebagai penawaran langsung. Diantaranya yang masuk dalam kategori ini adalah; Andaman I (>12 nmil), Andaman II (>12 nmil), South Tuna (Kepulauan Riau), Merak (Banten dan Lampung), Pekawai (Kalimantan Timur), West Yamdena (Maluku), Kasuri III (Papua Barat).

Sedangkan penawaran WK migas non konvensional, lanjut Wiratmaja, adalah shale hydrocarbon Jambi I (Provinsi Jambi) dan Jambi II (Provinsi Jambi).

“WK migas non konvensional lainnya adalah gas metana batubara. Yang termasuk di dalamnya adalah Raja (Provinsi Sumatera Selatan), Bungamas (Provinsi Sumatera Selatan) dan West Air Komering (Provinsi Sumatera Selatan),” paparnya.

Lebih jauh Wiratmaja mengungkapkan soal road map penyiapan WK 2017. Pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan, diantaranya menyangkut survei & penyiapan data (Badan Geologi). Pertama, integrasi data bawah permukaan dan lapangan, yaitu di cekungan Tarakan, cekungan Tomori Selatan, dan cekungan Akieumegah.

Selain itu juga melakukan survei G & G pada beberapa cekungan, yaitu cekungan Jayapura Selatan, cekungan Waigeo.

Kegiatan lainnya adalah menganalisa G&G, dilakukan oleh Balitbang, yaitu di Memberamo, Atambua, Savu, Misool, Tomori Selatan, Tarakan, Morowali, Arafura, Sunda Strait IV dan Halmahera. Disamping itu, lanjut Wiratmaja, pihaknya juga tengah menyiapkan WK. Diantaranya adalah di Tomini Bay V 2, Sula II rev1, Dolok, Gorontalo Tomini II dan Karaeng. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*