Iran-Irak Berkontribusi pada Peningkatan Minyak di Timur-Tengah

34900
Cadangan Minyak Irak Diprediksi Lebih Besar dari Saudi
Foto : boombastis.com

Iran-Irak Berkontribusi pada Peningkatan Minyak di Timur-Tengah

 

indoPetroNews- Iran dan Irak disebut-sebut sebagai negara yang dapat berkontribusi pada peningkatan produksi di kawasan Timur Tengah. Mengapa demikian?

“Irak dan Iran adalah dua negara di mana produksi minyaknya diharapkan mencatat pertumbuhan tertinggi selama dekade berikutnya. Kedua negara juga berada di antara negara-negara terdepan dalam hal peningkatan investasi modal di tahun-tahun mendatang,” kata Rystad konsultan penelitian Energi, sebagai dikutip situs berita energi breakbulk.com pada Kamis (23/3/2017). Berkembang spekulasi bahwa rencana pengembangan zona minyak di Iran dan Irak akan mendorong pertumbuhan produksi terbesar di Timur Tengah selama empat tahun mendatang.

Menurutnya, Iran dan Irak berada di jalur untuk memenuhi target produksi dan diharapkan secara khusus berkontribusi pada peningkatan produksi di wilayah pada paruh kedua 2017.

Di Irak, pertumbuhan produksi diharapkan akan didukung oleh peluncuran tahap pengembangan kedua dari zona Qurna Barat 2 yang dioperasikan oleh Lukoil Rusia, zona Nahr bin Umar, tahap kedua dari Majnoon dan tahap ketiga perkembangan Halfayah.

Sementara di Iran, tahap pertama dari proyek Azadegan Selatan diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan produksi minyak selama lima tahun ke depan, mencapai 255.000 barel per hari pada 2021.

Iran mengumumkan pada Januari bahwa produksi minyaknya telah mencapai sekitar 4 juta barel per hari – sebuah indikasi lain bahwa negara ini mampu mengembalikan produksi minyak mentahnya setelah beberapa tahun sanksi.

Sedangkan Gholam Reza Manouchehri, pejabat di Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC), mengatakan kepada media dalam negeri bahwa Iran telah dalam perjalanan untuk memulihkan kehadirannya di pasar minyak dan bahwa ini akan dipercepat melalui pengembangan beberapa proyek utama seperti Azadegan Selatan dalam beberapa tahun ke depan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*