SKK Migas Gelar Workshop Peran Asuransi di Industri Hulu Migas

33700
SKK Migas Gelar Workshop Peran Asuransi di Industri Hulu Migas
istimewa

SKK Migas Gelar Workshop Peran Asuransi di Industri Hulu Migas

 

indoPetroNews- Aspek safety, selain produksi, sejatinya menjadi salah satu tolak ukur kompetensi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) dalam industri hulu minyak dan gas bumi (migas). Mengapa?

“Apalah artinya produksi tinggi tapi aspek keselamatan terabaikan,” kata M.I Zikrullah, Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) saat memberikan sambutan dalam acara Oil & Gas Insurance Workshop : Understanding the importance of insurance for upstream oil & gas industry pada Kamis (23/3/2017) di City Plaza lantai 9 Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Acara yang diinisiasi oleh SKK Migas dan disupport oleh PT Asuransi Jasa Indonesia dan Konsorsium Asuransi lebih membahas soal-soal yang terkait dengan insurance market overview, SKK Migas – PSC insurance program, oil & gas construction insurance.

Menurut Zikrullah, berbicara tentang asuransi itu berhadapan dengan sesuatu peristiwa yang akan terjadi atau tidak terjadi. Padahal perusahaan yang bergerak dibidang migas telah menjadikan panduan safety seperti kitab sucinya atau buku utamanya.

Dia mengungkapkan bahwa aspek safety harus dibanggakan. “Untuk mendukung aspek keselamatan, unsur asuransi tidak dapat dipisahkan,” katanya. Untuk itu, workshop asuransi menjadi relevan untuk dibahas.

Sedangkan Syarifuddin, Direktur Teknik Jasa Asuransi Indonesia, juga menyatakan diselenggarakannya workshop asuransi ini selain untuk memberikan wawasan/pengetahuan tentang perasuransian juga memberikan update dari Marsh Indonesia.

Sementara Peter Phillips, Managing Director PT Marsh Indonesia, memaparkan tentang reinsurance. “Reasuransi adalah merupakan bagian daripada asuransi. Keberadaannya timbul karena adanya asuransi, dengan perkataan lain tidak akan ada Reasuransi kalau asuransi itu sendiri tidak ada,” katanya.

Walaupun demikian, lanjutnya, reasuransi merupakan suatu hal yang sangat penting, bahkan sangat vital dalam kehidupan asuransi, sampai – sampai dikatakan bahwa reasuransi itu adalah jantungnya perusahaan asuransi.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya adalah M.I Zikrullah, Wakil Kepala SKK Migas, Parulian Sihotang, Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Syarifuddin, Direktur Teknik PT Jasa Asuransi Indonesia, Peter Phillips, Managing Director PT Marsh Indonesia, Riduan Arifin, President Director Marsh Reinsurance Jakarta. (Sofyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*