Jadikan Migas Modal Dasar Pembangunan

29800
Jadikan Migas Modal Dasar Pembangunan
Foto : dpdri.go.id

Jadikan Migas Modal Dasar Pembangunan

 

indoPetroNews- Migas sejatinya menjadi modal dasar pembangunan. Pasalnya pandangan ini berpengaruh pada cara pengelolaan industri migas.

Demikian salah satu poin penting yang mengemuka dari Zamroni Salim, pengamat ekonomi migas The Habibie Center.

“Merujuk pada Undang-undang (UU) Nomor 30 Tahun 2007 tentang energi, minyak dan gas bumi (migas) dilihat sebagai ‘modal dasar pembangunan negara’, Paradigma ini sangat penting karena akan memengaruhi bagaimana Indonesia mengelola industri energinya, perencanaan migas (eksplorasi sumer-sumber baru), pencarian dan pengembangan energi terbarukan, prioritas penggunaan dalam negeri, perlindungan lingkungan hidup, transparansi dan partisipasi publik,” kata Zamroni kepada sejumlah media, Selasa (21/3/2017) di Jakarta.

Pemerintah bisa membentuk dana ‘Dana Migas’ (Petroleum Fund), didanai dari pendapatan negara dari migas. “Dana tersebut dapat digunakan untuk reinvestasi pada industri energi lainnya termasuk mengatasi eksternalitas yang ada,” paparnya.

Menurut Zamroni, untuk mengontorol Badan Usaha Milik Negara Khusus (BUMNK) energi, Pemerintah bisa mewajibkan BUMN/BUMD, kontraktor membuat sistem informasi terbuka kepada publik: cadangan migas, survei umum, real-time lifting, produksi, setoran BUMN kepada negara, penjualan dan penerimaan migas.

Oleh sebab itu, lanjut Zamroni, momentum revisi UU Migas yang kini tengah dilakukan oleh lembaga legislatif dapat dijadikan sebagai ‘modal dasar pembangunan’ yang bisa
diarahkan untuk mencapai ketahanan

“Aspek kelembagaan, pelaku dan pelaku utama dalam pengelolaan migas di Indonesia, seperti status kelembagaan SKK Migas dan terutama Pertamina dan PGN sebagai pengelola dan pelaku industri migas dan juga bagaimana badan-badan ini diposisikan dalam sebuah tatanan migas nasional,” tandasnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*