Sumur Gas Zohr Mesir Berproduksi Akhir 2017

69200
Ekspor Minyak Mentah Qatar Melorot
Foto : islamicgeo.com

Sumur Gas Zohr Mesir Berproduksi Akhir 2017

 

indoPetroNews- Blok Zohr, sumur gas milik perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Italia Eni SpA di lepas pantai Laut Mediterania diprediksi mampu memenuhi kebutuhan gas Mesir selama berpuluh-puluh tahun. Pasalnya, biaya yang telah dikeluarkan pihak operator mencapai 12 miliar euro

“Pengembang secara penuh atas ladang gas Zohr memerlukan dana hingga 12 miliar euro,” kata Luca Bertelli, Direktur Eksplorasi Eni SpA, dalam sebuah konferensi soal gas pada Kamis (16/3/2017) di Ibu Kota Nikosia, Siprus.

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Italia ini menemukan ladang gas Zohr pada 2015. Cadangan gasnya diperkirakan  berjumlah 850 miliar meter kubik. Ini merupakan cadangan terbesar yang pernah ditemukan di Laut Mediterania, mengalahkan blok Leviathan di Israel, ditemukan oleh Noble Energy pada 2010 dengan jumlah cadangan 450 miliar meter kubik.

Sebagai catatan, Mesir pernah menjadi eksportir gas alam cair, namun berubah menjadi importir besar dalam beberapa tahun terakhir karena permintaan domestik melebihi kapasitas produksi. Penemuan blok Zohr diperkirakan mengubah kembali negara Sungai Nil tersebut menjadi eksportir gas. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*