Paradoks Nahkoda Baru Pertamina

48000
FSPPB Ingatkan Tantangan Dirut Pertamina Sangat Besar
Foto ; kontan.co.id

Paradoks Nahkoda Baru Pertamina

 

indoPetroNews- Elia Massa Manik telah diangkat menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero). Menurut informasi, pada Jumat (17/3/2017) mantan Dirut PTPN III bakal dilantik menjadi orang nomor wahid Pertamina. Namun penunjukan Elia tidak sepi dari pro-kontra. Pasalnya, ada paradoks dalam rekam jejak kepemimpinan Elia Massa Manik saat memimpin satu instansi bisnis. Apa saja paradoksnya?

“Ini sangat paradoks untuk berkemampuan memimpin BUMN Migas yang akan menuju menjadi World Class Company ini,” kata juru bicara Persatuan Organisasi Purnakarya Pertamina (POPP) Teddy Syamsuri kepada indoPetroNews.com Jumat (17/3/2017) di Jakarta. Ketika Elia menjabat Dirut PTPN III, justru nasib holding BUMN kebun yang dipimpinnya mengalami rugi Rp 823 M hingga mempunyai utang Rp. 33 trilyun. Inilah paradoksnya.

“Ini ironis, Elia belum tuntaskan kerugian Rp. 823 milyar dan utang Rp. 33 trilyun saat menjadi Dirut PTPN III, malah dipilih menjadi Dirut Pertamina menggantikan Plt dirut Yenni Andayani” imbuh Teddy yang juga Ketua Umum Lintasan 66 ini.

Menurut Teddy, Elia tercatat mulai karier di PT Indofood Sukses Makmur (ISM), kemudian bergabung dengan Suez Group yang ditinggalkan pada 2001. Saat itu, Elia bergabung dengan PT Kiani Kertas dan kemudian bergabung dengan PT Jababeka. Selanjutnya menjadi CEO PT Kertas Basuki Rachmat Indonesia, lalu menjadi Presdir PT Elnusa, sebelum akhirnya menjadi Dirut PTPN III (holding) sejak April 2016.

Dari jam terbang pengalaman Elia, kata Teddy, Elia tidak pernah diketemukan pengalamannya bekerja di sektor minyak dan gas bumi (migas) baik di hulu maupun di hilir.

“Pengalaman kerja di luar negeri juga sepertinya belum dialami. Padahal untuk Pertamina menjadi World Class Company, pengalaman pernah kerja di perusahaan migas asing sangatlah penting, selain ahli migas dan profesional. Jika tidak, maka Pertamina akan jalan ditempat,” lanjut Teddy. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*