Menteri Jonan Harap Produksi Migas Mahakam Terjaga

63900
Menteri Jonan Harap Produksi Migas Mahakam Terjaga
Foto : esdm.go,id

Menteri Jonan Harap Produksi Migas Mahakam Terjaga

 

indoPetroNews- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengingatkan bahwa produksi minyak dan gas (migas) Blok Mahakam harus tetap dijaga walaupun umur lapangan sudah tidak muda lagi.

“Untuk produktivitas, banyak sumur (yang dikelola) TEPI, walaupun sudah lama, ada yang 40 tahun, dari tahun 1974, yaitu Lapangan Bekapai, tetap dijaga, dipertahankan kapasitas produksinya agar tetap baik. Kalau Pemerintah inginnya produksi naik terus,” kata Menteri Jonan, disela-sela kunjungan kerja selama dua hari pada Sabtu (11/3/2017) di Blok Mahakam, Kalimantan Timur.

Diakui Jonan, tidak sedikit fasilitas di Blok Mahakam yang sudah mulai tua. Untuk transisi, harus tidak ada gangguan di produksi dan kegiatan terkait. Nanti pemerintah akan bikin peraturan segera supaya kapasitas produksinya tidak turun.

Seperti diketahui, Jonan melakukan peninjauan ke Terminal Senipah. Terminal Senipah merupakan daerah operasi khusus pengolahan minyak dan gas yang dimiliki oleh Total E&P Indonesie (TEPI). Di wilayah ini terdapat 3 fasilitas proses utama yaitu: TPA (Terminal Processing Area), CSU (Condensate Stabilization Unit), dan TLA (Terminal Loading Area).

Menteri Jonan memulai kunjungannya dengan melakukan peninjauan ke ruang pemantauan (control room) untuk mengetahui alur kerja dan proses mulai dari produksi hingga pengapalan. Menteri Jonan menilai lingkungan dan iklim kerja di TEPI bagus, demikian juga dengan semangat kerja para pegawai.

“Saya lihat kalau kultur keselamatan bagus. Yang kedua, semangat kerja juga bagus, sangat disiplin,” ujar Menteri Jonan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*