Profesional dan Paham Migas, Kriteria Calon Dirut Pertamina

68000
Calon Dirut Pertamina Definitif Harus Ahlinya
Foto: komoditas.co.id

Profesional dan Paham Migas, Kriteria Calon Dirut Pertamina

 

indoPetroNews- Menteri Negara (Meneg) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dikabarkan telah memiliki nama-nama calon yang bakal menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero). Menurut informasi yang diperoleh, nama-nama tersebut atas usulan Dewan Komisaris Pertamina.

“Kabarnya semuanya berasal dari internal Pertamina. Deputi Kementerian BUMN Edwin katakan ada 3 hingga 5 nama yang diusulkan Dekom Pertamina,” kata Humas Solidaritas Pensiunan Karyawan Pertamina (eSPeKaPe) Teddy Syamsuri kepada indoPetroNews.com Minggu (5/3/2017) di Jakarta. Namun Presiden Jokowi menginginkan ada juga calon yang berasal dari luar Pertamina agar terjadi titik keseimbangan.
Menurut Teddy, mengutip pernyataan Edwin, yang terpenting nama-nama yang dari eksternal tidak memiliki sangkutan partai politik tertentu, harus profesional.

“Jika benar demikian kondisinya, semoga saja nama Dr Iwan Ratman, yang orang eksternal, menjadi pilihan,” kata Teddy. Menurutnya sosok Iwan selain seorang profesional juga mengerti tata kelola minyak dan gas bumi (migas) dari hulu hingga hilir. “Ia bertekad ingin hentikan Pertamina jadi Kuda Troya Politik untuk wujudkan profesionalitas,” tandas Teddy.

Sementara itu Salamuddin Daeng, pengamat ekonomi, berharap pemerintah dapat transparan dalam proses pencalonan Dirut Pertamina. “Pemerintah harus transparan. Calon Dirut Pertamina harus paham migas, visioner, mengerti betul situasi global, geopolitik, keadaan bangsa dan negara yang rekam jejaknya bersih dari kepentingan kelompok serta mendengar aspirasi internal (pekerja) Pertamina cukup akomodatif dan aspiratif,” kata Salamuddin. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*