Kita Gamang Gunakan Teknologi Migas

37000
Wamen ESDM Sebut Ada Gap Tata Kelola SDA Indonesia
Foto : merdeka.com

Kita Gamang Gunakan Teknologi Migas

 

indoPetroNews- Menurunnya produksi minyak di Indonesia disebabkan oleh beragam faktor. Apa saja faktornya?

“Salah satunya yang belum clear, apakah penurunan produksi karena belum mengeksplorasi kemungkinan yang ada,” Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, dalam sambutannya pada Workshop Sharing Teknologi pada Kamis (2/3/2017) di Jakarta. Teknologi menjadi salah satu syarat yang harus dipergunakan untuk mengeksplorasi dan meningkatkan produksi.

Wamen Arcandra mengakui bahwa sebagian pihak masih gamang dalam memanfaatkan/menerapkan teknologi. “Gamang karena takut nanti berujung atau diarahkan ke tindak pidana,” kata Arcandra.

Lebih jauh Wamen Arcandra menyatakan bahwa tren produksi minyak semakin tahun semakin turun. Sedangkan cost recovery meningkat. Oleh sebab itu, Kementerian ESDM dan SKK Migas menginisiasi menyelenggarakan workshop teknologi. Melalui penerapan teknologi diharapkan bisa meningkatkan produksi minyak. “Dalam rentang 2 – 3 tahun bisa tingkatkan produksi,” kata Arcandra, sembari mengakui tidak mudah untuk mencapainya.

Acara workshop ini menghadirkan beberapa pembicara. Diantaranya adalah Musofi Yahya dari Vico Indonesia (membahas tentang Coiled Tubing Gas Lift System), Hendri Kushermin dari Total Indonesie (mengulas Handil & Bekapai Rejuvenation), Arieyando Makmum dari Schlumberger (membahas tentang Fracturing), Edward Susanto dari ExxonMobil Cepu Limited (membahas Surveillance Strategy), Yudi Rahman dari PT CPI (membahas soal A Successful Pilot of Natural Dumpflood Project in PT CPI) dan Martinus Barus dari Pertamina EP (membahas Underbalanced Drilling & Completion dalam Kegiatan Reservoir Vulkanik Lapangan Jatibarang).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi, Wakil Kepala SKK Migas, MI Zikrullah, Dirjen Migas Wiratmajapuja dan para perwakilan Kontraktor KKS. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*