DEN Harapkan Raja Salman Bisa Tingkatkan EBT Indonesia

47800
Anjloknya Harga Minyak Dorong Arab Saudi Berlakukan UU Kepailitan
Foto : bisnisindonesia.com

DEN Harapkan Raja Salman Bisa Tingkatkan EBT Indonesia

 

indoPetroNews- Kedatangan Raja Arab Saudi, H.M. Khadimul Haramain Al-Syarifain King Salman Bin Abdil Aziz Al-Saud ke Indonesia pada 1 – 9 Maret 2017 mendapat apresiasi positif dari Dewan Energi Nasional (DEN). Pasalnya, penguasa negeri super kaya minyak tersebut diharapkan dapat memberi angin segar bagi pertumbuhan energi nasional.

“Tentu kunjungan tersebut positif bagi iklim investasi migas dan energi baru terbarukan,” kata anggota DEN, Rinaldy Dalimy kepada indoPetroNews.com Senin (27/2/2017) di Jakarta. Apalagi negara Timur Tengah tersebut juga sedang mengembangkan energi alternatif seperti energi surya paska lesunya minyak bumi.

Menurut Rinaldy, pemerintah Indonesiapun seharusnya bisa mengambil momentum kehadiran King Salman untuk menggenjot energi baru terbarukan. “Sebab pada 2025 kita mentargetkan 23% bauran energi kita terdiri dari EBT,” lanjut Rinaldy.

Pemicu lainnya, ungkap Rinaldy, adalah terbitnya Permen ESDM Nomor 12 Tahun 2017. “Memang Permen ini seolah-olah tidak menguntungkan pihak investor karena harga EBT ditentukan oleh PLN. Tapi lambat laun, Permen ini pun akan diterima kalangan pengembang EBT,” cetusnya.

Rinaldy pun menyamakan Permen ESDM 12 2017 seperti saat awal mula diluncurkannya busway. “Semua pihak protes. Tetapi ketika semua komponen pendukung busway tersedia dan semua pihak merasakan manfaatnya maka busway pun diterima. Begitupun dengan Permen ESDM 12/2017,” ucap Rinaldy. Ia yakin bahwa Permen ESDM 12/2017 secara perlahan dan pasti akan diterima dan menguntungkan bagi pengembangan EBT ditengah menipisnya cadangan energi fosil. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*