Ekspor Olahan Minyak Iran Tembus 600 Ribu BPH

56800
Iran Peringati Hari Nasionalisasi Minyak
Foto : sindonews.com

Ekspor Olahan Minyak Iran Tembus 600 Ribu BPH

 

indoPetroNews- Republik Islam Iran saat ini sedang meningkatkan ekspor produk olahan minyak. Mengapa hal dilakukan?

“Tindakan ini untuk mencegah penjualan bahan mentah minyak ke luar negeri,” kata Wakil menteri Perminyakan Iran, Abbas Kazemi, seperti disinyalir Islamic Republic News Agency
(IRNA) pada Kamis (23/2/2017).

Seperti diketahui, ekspor 7 produk olahan minyak negeri para Mullah tersebut untuk pertama kalinya sepanjang 100 tahun sejarah minyak negara ini memecahkan rekor sebesar 450 ribu barel perhari.

Menurut Kazemi, yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Perusahaan Nasional Penyulingan dan Pengolahan Minyak Iran, selama 10 bulan pertama 2017, ekspor produk olahan minyak Iran mencapai 600.000 barel per hari.

“Ekspor produk olahan minyak Iran dari bandar Mahshar, Bandar Abbas, Asaluyeh dan Lavar di selatan Iran. Diupayakan, ekspor produk olahan minyak secara rata-rata dalam beberapa tahun ke depan akan menembus 600 ribu barel perhari,” ujar Kazemi.

“Pasca implementasi JCPOA (Joint Comprehensive Plan of Action) banyak investor dari Cina, Jepang dan Korea Selatan untuk menanam investasi dalam peremajaan penyulingan minyak di Iran, yang saat ini masih dirundingkan,” tegasnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*