Pemangkasan Produksi Minyak Capai 90 Persen

28700
Produksi Minyak OPEC Melonjak
Foto : wtj.com

Pemangkasan Produksi Minyak Capai 90 Persen

 

indoPetroNews- Kesepakatan pemangkasan output negara-negara yang tergabung dalam Organization Petroleum Exporting Countries (OPEC) mencapai 90%. Apa resikonya?

“Data bulan Januari 2017 menunjukkan ketaatan para partisipan kesepakatan pemangkasan output telah mencapai lebih dari 90 persen. Dengan demikian, inventori minyak dunia selayaknya menurun lebih lanjut tahun ini,” kata Sekjen OPEC Mohammad Barkindo pada konferensi Selasa (21/2/2017) di London. Sementara
Rusia dan negara produsen Non-OPEC sejauh ini baru memangkas sedikit.

Menurut Barkindo mereka akan menambah persentase pemangkasan yang dilakukan. “Semua negara berkomitmen untuk mentaati kesepakatan,” tegas Barkindo. Kendati demikian, dia mengakui bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan apakah kesepakatan yang sedianya akan berlaku selama enam bulan mulai 1 Januari itu perlu diperpanjang atau tidak pada rapat OPEC berikutnya pada bulan Mei mendatang.

Sebagai catatan, Iran tidak masuk daftar negara yang perlu mengurangi output. Sebaliknya, mereka justru diperbolehkan meningkatkan produksi. Hal ini membuat negeri yang beribukota di Teheran itu terus menggenjot dengan ekspektasi produksi minyak mencapai 4 juta bph pada pertengahan April mendatang.

Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh mengatakan pada media pasca pertemuan dengan Menteri Energi Rusia Alexander Novak, bahwa harga minyak di atas $60 pada akhirnya akan merugikan OPEC, karena bakal mendorong kompetitor untuk meningkatkan produksi dan memicu penurunan harga jangka pendek. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*