Rusia Jadi Produsen Minyak Terbesar se-Jagat

333800
SDF Berupaya Kuasai Sumur Minyak Suriah
Foto: cnnindonesia.com

Rusia Jadi Produsen Minyak Terbesar se-Jagat

 

indoPetroNews- Rusia memiliki potensi untuk menjadi salah satu negeri penghasil minyak terbesar sedunia. Pasalnya, negari yang dijuluki Beruang Merah ini telah menyalip Arab Saudi sebagai penguasa penghasil minyak pada Desember 2016 silam.

Berdasarkan data Joint Organisations Data Initiative (JODI) yang dikutip Reuters, Rusia memompa 10,49 juta barel per hari pada Desember, turun 29.000 barel per hari dari November, sementara output Arab Saudi turun ke level 10,46 juta barel per hari dari 10,72 juta barel hari pada bulan November.

Memang antara Rusia dan Amerika tidak termasuk dalam anggota kenegaraan OPEC. Oleh karena itu, kedua negara tersebut tidak memiliki alasan untuk membatasi jumlah output minyak yang dihasilkan oleh negaranya.

Walaupun demikian, pemerintah Rusia mengatakan, Selasa (21/2/2017), negaranya akan sepenuhnya mengimplementasikan kesepakatan pemangkasan produksi minyak dengan negara-negara produsen lain paling lambat akhir April mendatang.

Sesuai kesepakatan dengan OPEC dan negara-negara non-anggota pada tahun lalu, Rusia berjanji memangkas produksi minyak mentah sebesar 300 ribu barel per hari sebagai upaya untuk mengatasi banjir pasokan minyak di pasar global.

“Kami dapat mencapai target 300 ribu barel per hari pada akhir April,” ujar Menteri Energi Alexander Novak kepada kantor berita Interfax, seperti dikutip AFP.

“Hal ini akan memungkinkan pada Mei mendatang produksi kami turun 300 ribu barel per hari dibandingkan produksi pada Oktober tahun lalu.”

Pada Desember tahun lalu, OPEC mencapai kesepakatan dengan 11 negara produsen lain termasuk Rusia untuk memangkas produksi pada semester pertama tahun ini guna mendongkrak harga. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*